Pages

Sunday, May 25, 2014

Anak Cenderung Pendiam Ketika di Luar, Tapi Ceriwis Ketika di Rumah

Saya memiliki seorang anak laki-laki berusia 2 tahun 10 bulan. Dia memiliki kecenderungan 'pendiam'. Kata itu yang selalu kami terima ketika bertemu orang-orang yang tidak mengenalnya. Di rumah dia bisa dikatakan sangat 'ceriwis' tetapi ketika di luar, menjadi 'pendiam'.

Saya pernah membaca artikel mengenai 'selective mutism'. Menurut saya, istilah itu yang paling cocok menggambarkan anak saya. Pertanyaan saya, apakah perilaku 'selective mutism' bisa diubah?

Abanas (Laki-laki menikah, 32 tahun)
yarXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 170 cm, berat badan 57 kg

Jawaban

Pak Abanas,

Senang sekali memiliki orang tua yang mau terus membaca dan mencari tahu apa yang terjadi pada anak-anaknya. Hal positif ini semoga bisa terus Bapak lakukan ya.

Mengenai kondisi anak Bapak yang cenderung pendiam ketika berada diluar rumah dan sangat ceriwis ketika ada di rumah belum tentu dapat dikatakan selective mutism. Terlebih lagi ketika usianya masih 2 tahun 10 bulan, dimana pada usia tersebut belum begitu besar kebutuhan untuk berinteraksi dengan lingkungan. Saat ini yang bisa dilakukan adalah stimulasi dan biasakan anak Bapak untuk bertemu dengan orang-orang baru selain anggota keluarga.

Untuk menjawab pertanyaan Bapak mengenai selective mutism, maka untuk meminimalisir kondisi tersebut harus dilakukan treatment khusus dan dilakukan oleh psikolog.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: