Friday, May 23, 2014

Tips Lancar Menyusui Meski Sedang Puasa Ramadan

Halo Mbak Leona, saya mau tanya saat ini saya sedang menyusui anak saya yang umurnya empat bulan, karena sebentar lagi bulan Ramadhan dan saya ingin tetap puasa, pola makan seperti apa yang sebaiknya saya terapkan? Adakah pantangan makanan atau minuman selama saya menyusui di bulan puasa? Terimakasih.

Fathianti (Perempuan menikah, 26 tahun)
mamamia.XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 152 cm, berat badan 43 kg

Jawaban

Halo Fathianti,

Menyusui ASI ekslusif di saat bulan Ramadhan menempatkan ibu dan anak pada posisi 'at risk'. Beberapa hasil studi yang dilakukan di masyarakat Israel dan Afrika yang menyusui eksklusif di saat Ramadhan menyebutkan bahwa jika ibu menjalankan puasa penuh, kandungan mikronutrien ASI menurun meskipun jumlah kalori dan berat bayi tidak terganggu. Hal selanjutnya adalah resiko untuk ibu menjadi super dehidrasi saat puasa (sebelum berbuka).

Ada beberapa saran jika Anda mau menjalankan puasa:
- minum banyak air selama 2 hari sebelum memulai ibadah puasa untuk menyiapkan cadangan air di dalam tubuh
- jika merasa haus sekali sampai agak lemas dan pusing, minumlah air putih. Jika mau, minum air putih selama puasa (tanpa makan) karena resiko dehidrasi yang paling besar.

Untuk pantangan, yang wajar saja seperti menghindari kafein, alkohol, makanan pedas dan minuman bersoda. Perbanyak makan buah dan sayur untuk mengoptimalkan asupan vitamin dan mineral, juga mencegah asam lambung.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: