Friday, September 19, 2014

Cara Mengecilkan Lengan dan Lakukan Diet yang Benar

Bagaimana cara diet yang benar dan cara mengecilkan lengan yang paling ampuh selain dengan olahraga? Terimakasih.

Uul (Wanita lajang, 18 tahun)
rochsas.XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 150 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Saat ingin weight loss, hal pertama yang harus dipikirkan adalah alasan utama ingin weight loss. Apakah karena penyakit? Atau karena ingin pakai baju bagus? Tentunya jika alasannya adalah karena ada penyakit, tingkat kepentingan dan komitmen untuk merubah diet akan menjadi lebih tinggi urgencynya.

Kalau sudah komit dan niat untuk menjalankan weight loss, jangan dijadikan beban. Jadikan perubahan-perubahan itu sebagai perubahan gaya hidup, bukan paksaan.

Diet golongan darah dikategorikan sebagai Fad Diet (atau diet palsu). Diet yang sehat dan baik tidak membatasi food group yang dimakan, hanya perhatikan PORSI dan JENIS (yang rendah lemak). Jadi tidak ada orang yang dilarang makan daging merah, misalnya. Yang ada adalah 1 porsi daging adalah 120-150g, dan jika bisa pilih potongan yang tidak banyak mengandung lemak/ buang lemak-lemak putih yang menempel di pinggiran daging.

Jadi saran saya adalah untuk kamu tetap mengkonsumsi makanan selayaknya biasanya tetapi perhatikan PORSI dan JENIS
- 1 porsi nasi adalah 1 mangkok kecil
- 1 Porsi daging adalah 120-150g (sebesar telapak tangan kecil), ayam & ikan 150g (sebesar telapak tangan sampai ke jari)
- 1 Porsi buah adalah 1 mangkok kecil buah potong, 1/2 gelas jus buah atau 1 buah apel/jeruk utuh
- 1 porsi susu & produknya adalah: 1 gelas susu (skim/ low fat), 1 tub 200g yogurt, 2 helai keju lembar atau 30-40g keju keras
- 1 porsi kacang-kacangan adalah 1 genggam tangan (tertutup)
Saat memilih makanan, pilih jenis yang lebih baik:
- Beras merah dan basmati lebih baik dibanding nasi putih
- susu & produknya: pilih yang rendah lemak atau skim
- Hindari santan, sebagai gantinya gunakan susu soya/susu skim
- Sisihkan kulit ayam, lemak pada daging
- Makanan yang direbus, dikukus, di-cah dan di panggang lebih baik dibandingkan dengan makanan yang digoreng/menggunakan santan

Tips lain:
- Usahakan untuk makan sering tapi sedikit. Tiap 2-3 jam usahakan makan agar tidak ada sesi balas dendam (jika terbiasa skip makan)
- Minum air putih 10menit sebelum makan karena mungkin saja sebenarnya haus tapi karena tidak terbiasa melatih jadi tertipu mengira itu rasa lapar. Air juga bisa memenuhi lambung sehingga dapat merasa kenyang lebih cepat tanpa makan lebih banyak
- Kunyah perlahan dan gunakan garpu/sumpit agar makan lebih perlahan sehingga memeberikan waktu agar otak bisa menerima signal kenyang dari lambung
- Tidak ada proses instan. Jalankan semua dengan hati riang maka lebih mudah dijalankan.

Kalau untuk mengecilkan tangan dan tidak mau berolahraga, mau yang praktis tapi mahal, mungkin bisa dicoba alat setrum/getar atau bahkan sedot lemak. Cara-cara instant seperti ini tidak affordable dan hasilnya tidak bertahan lama karena semuanya dilakukan externally (dari luar) sehingga percuma.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: