Pages

Monday, November 3, 2014

Tips Agar Tubuh Tak Gampang Sakit Meski Padat Aktivitas

Saya seorang mahasiswa dan pekerja swasta, jam aktivitas saya dimulai dari berangkat kerja pukul 06.30 pagi sampai rumah pukul 22.00 dan aktivitas tersebut full dari hari Senin hingga Jumat. Alhasil setiap hari Sabtu saya drop, Dok. Badan terasa panas, pusing, dan badan rasanya sakit semua.

Kenapa ya Dok? Padahal saya sudah konsumsi susu yang dicampur dengan klorofil teratur setiap hari. Mohon sarannya, Dok agar badannya tidak gampang sakit dengan segudang aktivitas yang ada. Terimakasih.

Marsha Dewi (Wanita 22 tahun)
orly.asrarXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 155, berat badan 43

Jawaban

Dear saudari Marsha Dewi yang dirahmati Allah SWT, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung saja kita menuju ke solusi, ya. Apa yang saudari lakukan; yakni konsumsi susu dan klorofil, sudah baik dan benar. Tentunya ada lagi yang perlu dilakukan secara rutin, teratur, dan berkesinambungan.

Nah, berikut ini beberapa kiat agar tubuh tetap tangkas meskipun padat aktivitas:

1. Tingkatkan spiritualitas, caranya sederhana: berdoa di setiap memulai dan mengakhiri pekerjaan, rajin membaca kitab suci dan mengamalkan kandungannya, memiliki mindset positif, selalu melibatkan Allah setiap saat, dimanapun dan kapanpun.

2. Sempatkanlah minimal 15 menit setiap hari untuk memanjakan diri dengan hobi atau sesuatu yang disukai, sepanjang tidak bertentangan dengan agama, budaya, dan norma. Misalnya: bernyanyi, melukis, menulis, berkebun, filateli, numismatik, origami, minum jus, dsb. Intinya, kebahagiaan hati, jiwa, pikiran adalah kunci kesehatan.

3. Berpola hidup seimbang, selaras, serasi, dan seimbang. Misalnya: hindari begadang, berpola makan teratur, konsumsi cukup sayur dan buah (boleh dijus), hindari terpapar asap (rokok, kendaraan, dsb), meminum multivitamin (terutama vitamin B kompleks dan C), madu, atau minyak ikan setiap pagi secara teratur, biasakanlah untuk meregangkan badan sebelum dan setelah bekerja (hal ini dilakukan bila benar-benar tidak sempat berolahraga). Milikilah sahabat untuk curhat. Memakai masker saat mengendarai kendaraan bermotor. Menghindari terpapar sinar matahari secara langsung, bisa dengan memakai tirai surya atau payung.

Yang benar-benar perlu diperhatikan adalah sumber penyakit itu ada tiga, yaitu: pikiran, perut, dan hati/jiwa. Jadi jelaslah bahwa rahasia sehat itu sederhana, yaitu bila ketiga hal ini seimbang, selaras, serasi, dan seimbang.

4. Luangkan waktu 15 menit setiap harinya untuk relaksasi, mendengarkan musik, membaca buku humor, meditasi/yoga, menulis di buku harian, browsing internet, dsb. Tidak perlu melakukan banyak hal dalam satu hari. Cukup satu atau dua, namun benar-benar membuat bugar dan segar kembali.

5. Hari libur atau waktu luang hendaklah dimaksimalkan untuk (sejenak) melepaskan diri dari rutinitas. Boleh diisi dengan berekreasi (ke alam bebas, kebun binatang, dsb) bersama keluarga atau sahabat. Bisa diisi dengan berolahraga, misal: berenang, nggowes (bersepeda santai), jogging, dsb. Dapat diisi dengan mengikuti pelatihan, diskusi, workshop, seminar (tentang apapun, misal: kesehatan, pengembangan diri, motivasi, dll). Di hari libur, betapa bahagianya bila bisa melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan, tentunya dengan memertimbangkan segenap potensi dan risiko yang ada. Variasi adalah bumbu kehidupan.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dokter Dito Anurogo

No comments: