Pages

Saturday, October 25, 2008

Masalah Kehamilan

Mual dan muntah di masa hamil

Hampir semua wanita mengalami sering mual dan bahkan muntah dalam 3 bulan pertama masa kehamilan. Biasanya hal itu mereda setelah minggu ke-12, tetapi kadang-kadang ada yang bertahan lebih lama. Gejala yang dikenal sebagai "ngidam" itu mungkin akibat dari kenaikan hormon secara dramatis dalam darah. Walaupun biasanya terjadi dipagi hari, gejala itu dapat datang sewaktu-waktu, terutama bila sedang letih atau lapar. Umumnya gejala itu bisa diatasi sendiri, namun untuk sebagian wanita yag mengalami gejala yang berat, dibutuhkan pertolongan medis.

Perubahan kulit dimasa hamil

Perubahan hormon dimasa hamil dapat menimbulkan berbagai akibat pada kulit, termasuk perubahan warna. Ada wanita yang mengalami kulitnya menjadi lebih berminyak, dan ada pula yang bahkan mengalami kulitnya menjadi lebih kering. Gangguan kulit seperti eczema yang mungkin sudah ada sebelum hamil dapat membaik atau bahkan memburuk. Bagaimana pengaruh hal-hal tersebut pada kulit tergantung pada keseimbangan hormon dalam tubuh dan tipe dasar kulit Anda.

Nyeri punggung dimasa hamil

Nyeri punggung adalah salah satu keluhan kecil yang bisa muncul selama hamil. Nyerinya bisa berbentuk pegal dan kaku pad apunggung bagian tengah dan bawah, serta sulit bangkit dari posisi duduk atau berbaring. Sering penyakit itu semakin menganggu sejalan dengan usia kehamilan. Umumnya nyeri punggung ini bukan gejala yang perlu dicemaskan, namun serangan nyeri yang terasa mendadak pada punggung, terutama apabila disertai dengan gejala tambahan seperti perdarahan vagina dapat merupakan gejala keguguran. Pada akhir kehamilan, nyeri punggung bisa berarti mulainya proses persalinan.

Nyeri punggung di masa hamil

Nyeri punggung adalah salah satu keluhan kecil yang biasa muncul selama hamil. Nyerinya bisa berbentuk pegal dan kaku pada punggung bagian tengah dan bawah, serta sulit bangkit dari posisi duduk atau berbaring. Sering penyakit itu semakin mengganggu sejalan dengan usia kehamilan. Umumnya nyeri punggung ini bukan gejala yang perlu dicemaskan, namun serangan nyeri yang terasa mendadak pada punggung, terutama apabila disertai dengan gejala tambahan seperti perdarahan vagina, dapat merupakan gejala keguguran. Pada akhir kehamilan, nyeri punggung bisa berarti mulainya proses persalinan.

Sengatan jantung dimasa hamil

Sengatan jantung, suatu rasa nyeri yang menyengat ditengah dada atau diulu hati, biasanya disebabkan olehaliran balik sedikit cairan asam dari perut ke oesophagus (kerongkongan). Hal itu biasa terjadi dimasa hamil, namun akan lebih hebat pada bulan-bulan terakhir, pada saat perkembangan janin dan rahim sudah menyita banyak ruang. Serangan jantung ini walau mungkin tidak mengenakkan, namun umumnya tidak membahayakan kesehatan Anda dan bayi Anda

No comments: