Pages

Monday, June 1, 2009

Aborsi Berpengaruh ke Kehamilan ?

assalami'alaikum wr.wb
dokter......
saya berumur 26 tahun. saya menikah akhir tahun 2003, dan sekarang saya sedang hamil 8 bulan. sejauh ini kehamilan saya tidak ada masalah. hanya saja saya punya suatu pengalaman buruk yang selalu menghantui pikiran saya.
ceritanya begini, sebelum saya menikah saya pernah hamil dan menggugurkannya pada usia sekitar 2,5 bln. itu terjadi 6 tahun yang lalu. saya menggugurkan bukan oleh dukun atau bidan tapi dengan dokter. dan kira-kira seminggu setelah itu saya diminta untuk melakukan cek up.
yang saya tanyakan.....apakah riwayat buruk saya itu bisa berdampak pada kehamilan dan alat reproduksi saya.
perlu diketahui, setelah kejadian itu saya melakukan tes papsmer 1 thn sekali dan berhenti tahun 2003. dan hasilnya dinyatakan negatif (tidak ada masalah).
sekian pertanyaan dari saya.....atas jawabannya saya ucapkan terima kasih....
-Dewi-


Jawaban:
Wa'alaikum salam warahmatullaahi wabarakaatuuh
Dewi yang baik, dari cerita yang Dewi berikan, tampaknya tidak ada masalah pada alat reproduksi Dewi, begitupula dengan kehamilan yang sedang dijalani. Saran saya untuk Dewi, lakukanlah antenatal care (pemeriksaan kehamilan) secara teratur dengan petugas kesehatan (dokter atau bidan). Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk menjadi seorang Ibu. Mengenai masa lalu, jadikanlah itu sebagai pengalaman berharga yang tidak boleh terulang pada anak Dewi kelak, serta mohonlah ampun kepada Sang Pencipta.
Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat menghubungi kami kembali.
wassalaamu'alaikum

(dr. Dewi Martalena)

No comments: