Pages

Saturday, January 1, 2011

Keguguran

Dear dokter,

Saya menikah 1 tahun yang lalu, usia saya sekarang 22 tahun. Bulan Oktober 2007 kemarin saya mengalami keguguran saat janin berusia 2,5 bulan. Setelah kuret saya mens teratur dan sampai sekarang saya belum hamil lagi karena saya dan suami ingin merencanakan kehamilan dengan baik.

Yang ingin saya tanyakan apakah saya masih bisa hamil lagi? Dan apakah keguguran berpengaruh pada kehamilan saya selanjutnya? Selama ini saya menjalani KB alami & belum pernah ikut KB alat/pil. Mohon jawaban secepatnya, terimakasih.

-Diena-

Jawaban:

Ibu Diena yang baik,

Insya Allah jika Tuhan berkehendak, maka Ibu bisa hamil kembali. Mungkin perlu dicari tahu mengenai penyebab keguguran ibu yang kemarin. Jika penyebabnya adalah penyakit, maka ada baiknya penyakit/virus yang ada diobati lebih dahulu hingga benar-benar sembuh, baru ibu merencanakan untuk hamil lagi. Karena jika penyebab keguguran terdahulu adalah virus dan tidak diobati dengan tuntas maka saya khawatir virus tersebut akan membuat ulah kembali dan akan menyebabkan keguguran seperti sebelumnya.

Demikian jawaban dari saya, semoga Ibu memahaminya.

Wassalam,

dr. Ira Riza

No comments: