Pages

Friday, February 11, 2011

Gusi bengkak dan keluar cairan kuning dari bawah gigi

Dok, sebelumnya salam kenal dan salam hangat. Saya mau nanya. beberapa hari ini gusi saya bengkak dan kadang-kadang terasa nyeri dibeberapa gigi yang dekat gusi bengkak itu. Setelah agak kempes, ternyata pas tidak sengaja tertekan keluar cairan kuning dari bawah gigi. Itu kenapa ya ?? Terima Kasih. God Bless You.

- Wilyono -

Jawaban :

Bapak wilyono yang saya hormati, salam kenal dan salam hangat juga untuk Bapak. Sebelumnya saya ingin bertanya, kapan anda terakhir pergi ke dokter gigi ??sebaiknya sering-sering lah anda berkunjung ke dokter gigi karna anda akan mendapat banyak info dari dokter gigi anda termasuk tentang masalah gigi anda ini.Sayang anda tidak menjelaskan lebih detil tentang keadaan gigi anda, apakah gigi anda tersebut ada bolongnya atau tidak?saya rasa gigi anda sudah mengalami karies yang dalam sekali alias sudah bolong, dan hal ini sudah anda biarkan lama tanpa anda berusaha mengobatinya dengan pergi ke dokter gigi. Karna gigi anda sudah bolong dalam waktu lama sehingga jadi infeksi. infeksi tersebut yang menyebabkan peradangan pada gusi sampai terjadi nanah. cairan kuning itu adalah nanah. seandainya beberapa bulan lalu willyono pergi ke dokter gigi, mungkin gigi-nya masih bisa diobati alias di tambal. tetapi karna sekarang sudah terjadi demikian maka mau tidak mau gigi tersebut harus dicabut karna syarafnya sudah mati dan sudah terjadi peradangan pada gusinya. mudah-mudahan keterangan saya dapat bermanfaat dan dapat dijadikan pelajaran dimasa datang dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Hormat Saya,

- Dr. Elisabeth L.Sarri -

No comments: