Pages

Saturday, December 8, 2012

Cairan Vagina Berbau Seperti Telur

Dok, saya wanita umur 28 tahun dan sedang bekerja. Tiap kali selesai berhubungan intim cairan yang sperma yang keluar dari vagina saya terasa agak berbau telur (kurang sedap). Sesekali pada saat berhubungan saya juga merasa sakit diperut bawah pusat. Kemudian haid saya tiap bulan selalu terlambat 5-12 hari.

Kalau kecapekan dan stres saya sering mengalami keputihan seperti warna susu kental. Apakah itu gejala myom (tumor jinak)? Karena kakak saya pernah kena myom dan sudah dioperasi, yang saya dengar itu penyakit keturunan. Mohon infonya Dok.


Terimakasih

Risa Kartika (Perempuan, menikah, 28 Tahun), kartika.risa@yahoo.com
Tinggi Badan 158 cm dan Berat Badan 55 kg


Jawaban
Salam Risa,

Keluhan cairan yang keluar dari vagina berbau tidak enak sesudah berhubungan bisa jadi gejala penyakit keputihan yang disebabkan bakteri dan disebut sebagai bakterial vaginosis. Apalagi bila sebelumnya tidak pernah ada keluhan seperti ini.

Hal ini terjadi karena pH sperma yang bersifat basa membuat cairan vagina mengeluarkan bau khas yang kurang sedap. Namun untuk memastikan sebaiknya dilakukan pemeriksaan baik ke dokter maupun ke laboratorium tentang cairan keputihan tersebut.

Saat seorang wanita sedang lelah, hal ini dapat mempengaruhi kondisi hormonal dan kondisi keasaman vagina. Kondisi yang berubah ini terkadang dapat menyebabkan berlebihannya pertumbuhan salah satu bakteri atau jamur yang memang secara normal terdapat di sana.

Warna susu kental umumnya disebabkan oleh pertumbuhan jamur candida. Jika kondisi ini sering berulang dan mengganggu sebaik berobat.

Myom atau myoma rahim adalah tumor rahim namun tidak ganas (bukan kanker). Adapun gejala myoma tidak selamanya ada. Bila myom masih berukuran kecil umumnya tidak bergejala. Gejala akan muncul saat myom bertambah besar. Umumnya gejala yang ada dikarenakan efek tekanan dari myom itu sendiri.

Gejala myom antara lain sering berkemih karena tertekannya kandung kemih, rasa penuh di area perut bawah, perdarahan bulanan yang panjang dan banyak, perdarahan (flek) antara dua periode menstruasi, nyeri saat berhubungan, ataupun rasa nyeri pada punggung bawah. Untuk memastikan adanya myom rahim dapat dilakukan pemeriksaan USG. Demikian semoga bermanfaat.

dr Eddy Karta SpKK

4 comments:

Anonymous said...

Hallo dok...saya dita.insya alloh sebentar lg saya akan menikah,yang saya ingin tanyakan:bagaimana caranya supaya vagina terasa wangi di saat malam pertama nanti ya dok?saya takut soalnya sering keputihan karena terlalu sibuk dengan kerjaan.
Caranya bagaimana dok,mungkin harus perawat atau minum apa begitu?mohon infonya ya dok,,di tunggu...
Terima kasih

Wiwit juwita said...

Dok,saya wanita, 27 tahun..sudah mempunyai 2anak.
Saya sudah lama mersakan keputihan,kadang tidak berbau,tp kdang berbau dan berwarna keruh..haid tidak teratur dan selalu nyeri haid,2 mnggu yg lalu ada bercak drah,saya ykin itu drah haid,tp krna saya ada kperluan yg tdak memungkinkan untuk haid, saya mnum obat penunda haid(primolut n)stlah 3hri tak mnum obat itu lagi,2 hri kmudian saya haid,tp hnya 3hari.tp saat saya brhubngan dngan suami vagina saya skit dan prih luar biasa smpi tidak jadi brhubgan.skrang kalau saya congkel vagina sya pkai jari,ada darah di dlamnya,tapi tidak encer dan tidak keluar,seperti mengendap di dalam.itu gejala apa ya dok.
Prlu di ketahui juga,saat ini saya sedang mengidap penyakit tumor payudara,
Saya tunggu jwabannya ya dok,saya takut sekali kena kangker rahim.

Terimakasih..
Wieta,sunter

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Ketika duduk ajaa trus berair dan keputihan gt dan berkerut gt di dkat selaput itu,gitu:( udah sering gt, dan kalau udah berair gt habs pipis cebok pasti peri,gatau kecapean ato apa:( gimana dok cara mengobatinya terimakasih