Pages

Sunday, February 6, 2011

Kondiloma

Dok, apa penyebab kondiloma ? Kalau virus apa bisa di obati dgn obat anti virus mis.aciclovir.
apakah penyakit tsb bisa relaps/muncul kembali.

Terima Kasih Â

- M.Tafsiri -Â Â

Jawaban :

Kondiloma (atau dalam bahasa medisnya Condyloma Acuminata) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Tipe virus ini sangat banyak, tetapi 90% kasus disebabkan oleh tipe 11 dan 6. Angka kejadian terbanyak ditemukan pada usia 17-33 tahun. Kondiloma biasanya terdapat di bagian alat genital seperti penis, vagina, leher rahim, daerah sekitar anus, tetapi dapat juga ditemukan di tenggorokan, trakea (saluran paru-paru).

Penyakit ini menular melalui hubungan seksual yang tidak aman (free and unsafe sex) dengan penderita kondiloma, dan lebih mudah terjangkit pada wanita yang melakukan hubungan seksual di usia dini.

Terapi kondiloma bergantung pada derajat keparahan penyakit, lokasi penyakit, dan pertimbangan2 lainnya.
kalau diperlukan bisa dilakukan pengangkatan lesi secara operatif, laser, dll.
Penyakit ini tidak bisa diterapi dengan Asiklovir. Obat yang biasa digunakan adalah golongan agen sitotoksik, interferon, maupun vaksinasi.
Kondiloma dapat muncul kembali meskipun pada orang yang sudah menyelesaikan pengobatan dengan baik.

Demikian penjelasan dari saya, semoga anda dapat memahaminya.

Terima KasihÂ

- Dr. Fatimah. P -Â

5 comments:

Unknown said...

assalamu'alaikum wr.wb

saya ingin bertanya, sebenarnya saya menderita apa.
saya sering merasakan pusing yang teramat. terutama pagi hari. kemudian setelah merasa pusing saya sesak nafas dan berkali kali pingsan.
itu terjadi bukan hanya satu atau dua kali, namun lebih dari itu.
kemudian pinggang saya sering merasakan sakit. seperti ditusuk tusuk.
sebenarnya apa yg saya alami...
terima kasih :)

Unknown said...

assalamu'alaikum wr.wb

saya ingin bertanya, sebenarnya saya menderita apa.
saya sering merasakan pusing yang teramat. terutama pagi hari. kemudian setelah merasa pusing saya sesak nafas dan berkali kali pingsan.
itu terjadi bukan hanya satu atau dua kali, namun lebih dari itu.
kemudian pinggang saya sering merasakan sakit. seperti ditusuk tusuk.
sebenarnya apa yg saya alami...
terima kasih :)

March 1, 2011 10:35 AM
Delete

Unknown said...

Selamat siang dok, saya wanita umur 20tahun . saya mau menanyakan, sekitar 2 hari ini Vagina saya terasa perih,gatal,dan mengeluarkan cairan.Seperti cairan saat akan haid itu.tapi banyak.Kira-kira saya kenapa ya dok? apa tanda-tanda keputihan, tapi terasa perih dibagian leher rahimnya.Dan bagaimana cara mengobatinya?.Terimakasih

Gir said...

Dok saya mau tanya,, divagina saya ada benjolan,disebelah kiri saja, tidak terasa sakit atau apapun, namun ketika saya berkendara motor, rasanya duduk dijok terasa sakit, dan selalu ada cairan kecoklatan di clana dalam saya dok, itu knapa ya? Dan disembuhkan dngan apa? Trimakasih

Kustianah said...

Selamat siang dokter.saya berumur 55thn,sudah menopaus sejak berumur 40thn.sudah 4-5thn ini vagina saya terasa nyeri apa lagikalau habis berhubungan dg suami.rasa nyerinya enggak ilang2,sampai keselangkangan dan ke paha,apa yang seharusnya saya lakukan dokter.mohon bantuanya