Pages

Sunday, February 6, 2011

Sakit di saluran kencing

Pertanyaan:

Yth. Pengasuh Rubrik Konsultasi Kesehatan. Sebenarnya gejala penyakit ini sudah saya rasakan sejak lama, namun semakin lama semakin terasa. Gejala tersebut berupa rasa ingin kencing dalam jangka waktu yang pendek terutama dalam kondisi duduk bahkan kalau kencing seperti gak tuntas. Keadaan ini sangat mengganggu aktivitas saya dalam bekerja terlebih lagi dalam beribadah (ketika shalat selalu was - was karena ada perasaan kencing sedikit). Berdasarkan pemeriksaan urine, rontgen menurut keterangan dokter tidak terjadi masalah (normal), namun pada pemeriksaan USG terdapat kista 19,7 mm yang nempel di ginjal. Yang ingin saya tanyakan : 1. Mohon penjelasan atas kondisi di atas, dan seberapa besar tingkat bahayanya? 2. Bagaimana cara pengobatannya? Terima kasih atas penjelasannya.

- Pahrudin -

Jawaban :

Kista ginjal merupakan tumor jinak terbanyak di ginjal. Sebanyak 70 persen tidak memberikan keluhan. Angka kejadian meningkat sesuai usia. sekitar 20 persen orang pada usia 40 tahun mempunyai kista dan 30
persen pada usia 60 tahun. Kista ginjal dapat tunggal ataupun multiple (banyak); baik di satu ginjal maupun kedua ginjal. Kista ginjal dibedakan beberapa bentuk. yaitu, ginjal multikistik, polikistik, maupun soliter (tunggal).

Keluhan kista ginjal biasanya mengakibatkan nyeri pinggang akibat massa kista ginjal yang cukup besar. Kista kadang-kadang mengalami infeksi maupun terkena trauma dari luar. Dampaknya adalah perdarahan
sehingga nyeri hebat. Penanganan kista ginjal umumnya dilakukan secara konservatif dengan pemantauan secara klinis maupun pemeriksaan penunjang lain secara berkala. Bila sudah timbul keluhan atau komplikasi, dapat dilakukan aspirasi cairan kista (tuntunan USG) disertai pemberian obat kleroterapi maupun dengan pembedahan

Demikian jawaban dari saya semoga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih

- Dr.Jaka Panca.S-

1 comment:

ega jarkiz said...

saya ingin menjual ginjal saya untuk menebus kontrak ibu saya diluar negri,saya sudah hilang kontak dengan ibu saya selama 1tahun lebih,,tolong saya menjual ginjal saya.