Pages

Sunday, February 6, 2011

Azoospermia

Assalamu'alaikum wr wb

Dok..apakah penderita azoospermia ini bisa di sembuhkan? bagaimana pengobatannya? kemana utk periksanya apakah ke bag. Urologi / bagaimana baiknya ? dan di rumah sakit bekasi / jakarta di mana?
Terima kasih banyak sebelumnya dokter.

-Dadang-

Jawaban :

Masalah tersebut bisa anda periksakan ke spesialis andrologi atau di klinik fertilitas di RS seperti RSCM. Tergantung dari berat/ringan azoospermia dan faktor penyebabnya. Fertilisasi internal (bayi tabung) adalah jalan akhir bagi mereka yang mengalami kesulitan memiliki anak atau buah hati.Â

Terima Kasih.

- Dr. Arief.RÂ

2 comments:

eva said...

dok, bagaimana dengan kasus varikokel dan sudah melalui operasi ICSI sehingga menyebabkan azoospermia, apakah masi memungkinkan bagi kami untuk memiliki keturunan?

sumatera said...

Assalamualaikum dokter.
Saya laki laki sudah menikah lebih dari 5 tahun. Saya ingin sekali memiliki anak. Saya sudah cek ke dokter dan sudah uji lab, ternyata air mani saya tidak ditemukan sperma, hanya terdapat cemen. Saya dianjurkan untuk berobat ke dokter andrologi, tapi saya bingung dokter karena saya sudah cari di kota saya yaitu Palembang dan Lampung tapi saya belum menemukan spesialis andrologi, sementara jika saya harus berobat ke jakarta atau daerah lain saya terkendala dengan biaya.

Mohon kiranya dokter memberikan informasi obat apa yang harus saya minum agar sperma saya bisa kembali normal, karena dulu saat saya berusia 30 tahun kebawah sperma saya normal dokter dan sudah di uji. Dan bila dokter tau mohon infonya spesialis andrologi di kota saya.

Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.