Saturday, December 1, 2012

Muka Jadi Tua Karena Banyak Bekas Jerawat

Bagaimana merawat muka dengan baik dan benar? Sebelumnya saya jerawatan sangat banyak, terus saya obati hilang tapi meninggalkan bekas lubang dan hitam berbintik-bintik. Kebanyakan temen-temen saya mengatakan muka saya boros (cepat tua). Mohon solusinya kalau mengatasi jerawat, terimakasih.

Fajar (Pria Lajang, 21 Tahun), fajar_yudi2001@yahoo.com
Tinggi Badan 175 cm dan Berat Badan 60 kg


Jawaban

Salam Fajar,

Kondisi jerawat yang Anda derita sebelumnya kemungkinan ada pengaruh hormonal. Semoga saat ini kondisi tersebut sudah lebih terkontrol sehingga tidak timbul lagi jerawat yang banyak tersebut.

Untuk jerawat yang masih timbul usahakan untuk tidak dimanipulasi misalnya dipencet dengan paksa. Manipulasi akan menyebabkan robeknya kulit dan selanjutnya dapat meninggalakan jaringan parut.

Adapun untuk warna hitam akibat jerawat tidak perlu terlalu cemas, hal ini lebih mudah diatasi karena umumnya akan memudar dengan berjalannya waktu dibandingkan bekas jerawat warna merah. Tapi memang jaringan parut akibat jerawat akan sulit dipulihkan seperti sedia kala.

Untuk kondisi yang sekarang sudah terjadi, maka perawatan dasar yang dapat anda kerjakan adalah pembersihan wajah yang benar. Tidak terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi yang selanjutnya merangsang terbentuknya jerawat. Namun juga jangan membiasakan wajah kotor berlama lama.

Gunakan sabun yang ringan jika dikarenakan kondisi lingkungan Anda harus sering mencuci wajah. Sabun yang ringan umumnya yang tidak berparfum yang ditujukan untuk kulit sensitif.

Untuk perawatan wajah, Anda dapat menggunakan krem yang mengandung bahan exfoliator kulit misalnya yang mengandung asam alfa hidroksi yang tersedia di pasaran. Pemakaian secara rutin dapat membuat wajah anda lebih bersih. Semoga bermanfaat.

dr Eddy Karta SpKK

No comments: