Saturday, December 1, 2012

Tidur Malam Tersiksa Karena Nyeri

Dokter yang terhormat, saya mempunyai keluhan sakit di punggung dan menjalar ke tangan kanan saya. Ini dirasakan beberapa bulan terakhir. Sakit yang saya rasakan terasa begitu menyiksa menjelang tidur malam. Yang ingin saya tanyakan, penyakit apa yang saya derita dan apa yang harus saya lakukan agar penyakit saya bisa disembuhkan? Terimakasih

Ghea
(Perempuan Lajang, 28 Tahun), gheaqueentasya@gmail.com
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 45 Kg


Jawaban
Nyeri pada leher atau punggung atas yang menjalar ke tangan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, salah satunya adalah gangguan akar saraf. Sifat nyeri biasanya bertambah dengan batuk, bersin atau mengedan. Selain nyeri, gangguan akar saraf dapat menyebabkan baal-baal, kesemutan, kelemahan atau kram otot.

Penyebab gangguan akar saraf bisa disebabkan oleh trauma, kompresi mekanik, peradangan atau tumor. Bila dijumpai adanya gangguan akar saraf sebaiknya segera dicari penyebabnya dan diberikan pengobatan yang sesuai. Saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf.

Dr. Michael Setyawan SpS

1 comment:

Aliyah Shalihah said...

Dokter yang terhormat sya mau menanyakan. Saya sering ketika sedang tidur otot kaki saya sering kram tiba2 padahal saya kondisi lagi tidur. Kira2 apa ya penyebabnya dok? Dan bagaimana cara mengatasinya?