Pages

Friday, March 11, 2011

Bagaimana cara menghilangkan flek paru

Saya mau tanya bagaimana cara menghilangkan flek pada paru-paru? teman saya pergi cek kesehatan dan hasil dr ronsen bilangl dia kena gejala TBC terus saya suruh teman saya pergi cek dan wkt dia cek ke puskesmas, dokternya blg dia kena tipes... kira-kira mana yang benar ya? apa ada hubungan antara TBC dan tipes? terus bagaimana solusinya? terima kasih ya atas bantuannya

- Desti Liana -Â

Jawaban :

Flek paru sering digunakan untuk memperhalus istilah TB (tuberculosis /TBC). Flek paru merupakan gambaran radiologis/ ronsen dari paru yg terkena kuman tuberculosis. Kalau dari gambaran foto ronsen dikatakan flek paru ada baiknya anda periksakan teman anda ke puskesmas / BP4 dengan membawa hasil rontgen tersebut, nanti teman anda akan diperiksa dahaknya untuk mencari apakah ada kuman tuberkulosisnya, setahu saya gratis biaya pemeriksaan karena sudah masuk program pemerintah termasuk biaya pengobatannya juga. Mengenai vonis puskesmas bahwa teman anda terkena tipes, bisa jadi teman anda terkena tipes dan TBC pada saat yg bersamaan. Kuman penyebab TBC dan tipes berbeda jadi secara langsung tidak ada hubungannya, hubungan yang bisa dimungkinkan adalah saat anda terkena infeksi suatu kuman maka daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga mudah terkena infeksi lain. Kebanyakan orang jika sakit menjadi tidak doyan makan sehingga akan semakin memperlemah daya tahan tubuh. jika sedang sakit konsumsilah makanan yang bergizi serta istirahat yg cukup. Semoga saran saya bermanfaat.

Terima KasihÂ

- Dr. Kusuma -

2 comments:

Celana Legging three dee said...

oh berarti klo orang yang ada flek paru2 itu positif tbc ya!!

HanGiHae said...

Malam dokter.. Aku punya pacar dia Kurus 1 keluarga. Dan kemarin dia kedokter gara2 batuk2 dan di suruh rongen trs hsilnya ada 4 flek. Dan batuknya hanya 2 hari saja sudah sembuh. sampai sekarang ga pernah batuk lagi. apa itu termasuk penyakit TB dengan adanya plek dan kurus. sedangkan kurus yang dia alami adalah kurus keturunan dan dia tidak punya gejala batuk menahun. makasih sebelumnya mohon d jawab. makasih..