Friday, March 11, 2011

Bercak merah pada kaki dan tangan

Dok, setelah saya melakukan perjalanan ke berbagai daerah termasuk papua, 3 hari terakhir ini timbul bercak merah pada kaki dan tangan yang di ikuti dengan rasa sakit seperti tertusuk jarum pada saat aktifitas. bintik tersebut saya perhatikan makin bertambah dan bahkan pada bagian telapak kaki. kronologis ke 2 juga pada saat saya melakukan perjalanan terutama daerah papua, saya banyak mengkonsumsi makanan seafood. yang saya tanyakan apakah sebetulnya penyakit yang saya alami ini dikarnakan alergi pada makanan tsb atau karena penyebab lain seperti karena gigitan nyamuk dan cuaca buruk yang saya alami?. demikian informasi kronologis penyakit yang bisa saya sampaikan. Terimakasih.

- Dudi Firdaus -Â

Jawaban :Â

Bisa jadi bercak merah itu adalah alergi (biasa disebut dermatitis kontak alergi) atau bisa juga dermatitis kontak iritan. Jika benar itu alergi biasanya bercak itu hanya timbul jika anda mengkonsumsi atau bersentuhan dengan bahan-bahan penyebab alergi tersebut berapapun jumlahnya, sedang bila itu dermatitis kontak iritan, reaksi hanya akan timbul jika bahan tersebut terdapat dalam jumlah tertentu. Kapanpun dan dimanapun anda berada kedua reaksi itu bisa timbul, tergantung dari jenis allergen (peyebab alergi) & tiap orang punya kepekaan yg berbeda terhadap allergen.

Demikian penjelasan dari saya, semoga Anda dapat memahaminya.Â

Terima KasihÂ

- Dr. Kusuma -Â

1 comment:

Alfian Zainul said...

saya juga ada bintik merah di telapak kaki dan tangan, ini sudah lebih dari 3 bulan, dan bintik ini muncuk kalau malam hari saja. kalo siang biasanya tidak ada. itu kenapa ya ?