Pages

Friday, March 11, 2011

Gigi geraham tumbuh miring disertai gusi bengkak

Saya mau tanya Dok, gigi geraham bawah saya yang paling belakang tumbuhnya miring, sehingga mendorong geraham yang sudah ada, rasanya ngilu sakali, karena tumbuh tidak sempurna, sisa makanan sering terselip di daerah itu, sehingga gusi saya menjadi bengkak dan rasanya sakit sekali hingga ke leher. Menurut anda bagaimana dok? apakah dicabut merupakan solusi yang tepat?

- Hary Gunawan -Â

Jawaban :

Saran saya sebaiknya gigi anda dicabut, karena selain akan terus menerus timbul rasa sakit pada gusi, sisa makanan yang terselip di daerah tersebut akan menyebabkan gigi anda bolong. tapi sebelumnya :

1. Ke dokter gigi untuk menyembuhkan gusi yang bengkak agar bisa dilakukan rontgen photo

2. Melakukan rontgen photo ( periapical ) untuk mengetahui letak akar gigi

Jika posisi akar gigi tidak menyulitkan, dapat langsung dilakukan pencabutan. tapi jika posisinya sulit misalnya dekat kanalis mandibularis maka akan dirujuk ke tingkat yang lebih tinggi ( dokter spesialis ).

Demikianlah penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

- Dr. Elisabeth L.Sarri -

No comments: