Pages

Friday, July 1, 2011

Kista Hambat Kehamilan?

HALO dokter Anita, nama saya Ela (26). Saya sudah menikah selama tiga tahun, tapi sampai sekarang belum dikarunia anak.

Saya sudah mencoba cek ke dokter, dari hasil USG ternyata saya mengidap kista. Dan selama dua tahun ini saya menjalani pengobatan ke dokter spesialis, namun hasilnya tetap nihil.

Dok, apa benar kista bisa menghambat kehamilan? Dan apa benar seorang wanita yang mengidap kista tidak akan bisa memiliki keturunan. Mohon penjelasannya dokter. Terima kasih atas jawabannya.

Ela

Jawab:

Kista harus disembuhkan dulu kalau ingin punya anak. Kalau dengan obat-obatan tak bisa sembuh, harus dioperasi.

Sebaiknya Anda konsultasi ke dokter kandungan, atau klinik fertilitas, yang mempunyai dokter kandungan khusus kesuburan.

Bagaimana dengan suami Anda, apakah juga sudah memeriksakan diri ke dokter spesialis andrologi? Karena usia perkawinan Anda sudah berjalan tiga tahun, seyogianya suami Anda juga periksa. Karena masalah kesuburan adalah masalah pasangan.


Dr Anita Gunawan SpAnd

2 comments:

dedi said...

halo dok,,,,kami melakukan hbungan intim dan pasangan saya masih perawan dia baru saja selesai haid sekitar 2 hari,,setelah kami melakukan hub intim sehari setelah nya pasangan saya haid kembali ,,apakah itu bisa menyebabkan kehamilan?...dan seingat saya sperma saya keluarkan di luar ..trim

dedi said...

sing dok..