Pages

Wednesday, April 20, 2011

Lama Di Atas Sepeda Motor, Berbahayakah?

Ass Wr wb,
Yth. dokter pengasuh konsultasi kesehatan.
Saya Hilda May, perempuan, usia 23 tahun, belum menikah, dan satu tahun terakhir bekerja sebagai staf lapangan di sebuah LSM di kota saya.
setiap harinya saya membawa sepeda motor berkilo-kilo meter karena harus selalu monitoring ke daerah-daerah.

pertanyaan saya : 1. apakah berbahaya bagi seorang perempuan seperti saya setiap hari lama di sepeda motor? apakah ada pengaruh kepada kesehatan reproduksi?
2. akhir-akhir ini jika BAB saya sering mengeluarkan darah bersamaan dengan kotoran. apakah ini gejala Wasir? dan apa yang harus saya lakukan?
untuk jawaban dari pengasuh, saya ucapkan banyak terima kasih. semoga selalu diberkahi dan dirahmati Allah.

Salam,
Hilda May


Jawaban:

Wa'alaikum salam wr.wb.

Ibu/Mba Hilda Ykh,

Kami Tim Pengasuh Rubrik konsultasi kesehatan MER-C mengucapkan terima kasih atas pertanyaan yang telah Ibu/Mba ajukan.
Berikut jawaban dari kami:
1. Kesehatan reproduksi tidak dipengaruhi oleh kendaraan. Kesehatan Reproduksi dipengaruhi oleh perawatan terhadap organ kesehatan reproduksi itu sendiri;
2. Wasir ditandai oleh darah segar (warna merah cerah) yang keluar bersamaan dengan BAB, disertai nyeri/perih. Jika sudah parah akan terasa seperti benjolan mirip cacing yang keluar masuk dubur. Wasir dapat dikurangi dengan makan makanan yang mengandung serat tinggi (sayuran, agar-agar) serta menghindari makanan yang merangsang BAB seperti pedas, dll.

Periksalah ke dokter anda untuk mengetahui derajatnya. Jika membahayakan, dokter akan meresepkan obat anti wasir.

Demikian jawaban dari kami, semoga ada manfaatnya. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

(Dr. Arief Rachman)

No comments: