Pages

Friday, April 29, 2011

Pilek dan Hidung Tersumbat

Saya Tiara umur 29 tahun. Saya pada tahun 2000 sampai sekarang mengalami pilek dengan ciri hidung tersumbat & berair. Pilek terjadi jika saya lagi stres atau tegang ada masalah, selain itu pilek dengan gejala tersebut juga terjadi jika mencium bau yang tajam. 2 tahun yang lalu tenggorokan sakit mengalami radang dan atas anjuran teman saya minum salah satu obat untuk radang tetapi setelah beberapa hari minum terjadi kelainan pada telinga yang terasa gak enak, lalu obat saya hentikan meminumnya. Kemudian rasa tidak enak pada telinga sudah hilang, tetapi akhir2 ini kadang-kadang timbul kembali rasa tidak enak pada telinga (telinga dirasakan seperti waktu di dalam pesawat) padahal saya tidak sedang mengkonsumsi obat. Selama ini saya belum pernah memeriksakan ke dokter tentang pilek dan radang tenggorokan saya. Yang mau saya tanyakan apakah kelainan yang terjadi pada tenggorokan dan telinga akibat pilek yang lama tidak terobati?Apakah berbahaya bagi THT saya jika saya membiarkannya?Terima kasih sebelumnya.

-Tiara-

Jawaban :

Yth Tiara

Telinga, hidung dan tenggorokan merupakan suatu saluran yang berkesinambungan, sehingga jika ada gangguan di salah satu organ, maka kemungkinan akan menyebabkan gangguan di organ yang lain. Pilek yang Anda alami, tampaknya merupakan pilek yang disebabkan oleh alergi, sehingga terapi yang paling manjur adalah dengan menghindari faktor pencetus. Untuk obat yang bisa menghentikan pilek, Anda boleh mengkonsumsi obat yang mengandung anti histamin seperti chlorpeniramine maleat (punya efek samping mengantuk---untuk obat2an yang lain saya sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter).

Jika pilek Anda terus menerus mengeluarkan lendir, maka lendir tersebut bisa mengalir ke tenggorokan lewat saluran hidung bagian belakang. Lendir yang mengalir di tenggorokan tersebut bisa menyebabkan iritasi di selaput tenggorokan Anda. Selain itu, lendir dari hidung Anda juga bisa masuk ke saluran telinga bagian dalam (akibat sering menahan bersin dengan memencet hidung), lendir yang masuk ke saluran telinga tersebut bisa mengedapkan saluran telinga Anda (yang Anda gambarkan: seperti di dalam pesawat). Yang ditakutkan, jika lendir yang terendap di saluran telinga itu bercampur dengan kuman, maka akan menyebabkan infeksi saluran telinga, yang lama kelamaan akan merusak gendang telinga dan tulang2 bagian dalam, dan berakibat ke ketulian, atau lebih parah (jika menjalar ke otak) bisa menyebabkan infeksi di dalam otak.

Saya harap keterangannya cukup membantu. Terima kasih atas pertanyaannya.

Wassalam

-Dr.Anggraini-

No comments: