Pages

Thursday, April 28, 2011

Wasir (Ambeien)

Assalamu'alaikum

Mohon informasi mengenai ;
1.penyebab penyakit ambien ( pembengkakan Saluran pd anus )
2.Bagaimana terapinya?

istri saya sudah 1 bulan ini terkena ambien, sudah minum ambeven belum mempan,apa operasi satu2nya pilihan?,adakah pengobatan alternative tanpa operasi

Mhn jawaban.
-burhanudin-

Jawaban:

WaĆ¢€™alaikumussalaam wr.wb.

Pak Burhanuddin yang saya hormati,

Ambeien, atau yang secara medis disebut dengan hemoroid adalah pelebaran pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum dan anus. Hemoroid banyak yang terjadi secara spontan, yang biasanya berhubungan dengan konstipasi kronik (sehingga sering mengejan saat BAB), kehamilan serta usia tua. Ada 4 klasifikasi berdasarkan beratnya hemoroid.
Derajat 1 adalah adanya darah segar yang menetes dari anus setelah BAB; derajat 2 adalah hemoroid yang keluar dari saluran anus saat BAB, namun kembali secara spontan; derajat 3 apabila hemoroid tidak dapat kembali secara spontan sehingga harus didorong masuk sedang derajat 4 apabila hemoroid tidak dapat kembali masuk setelah dicoba dikembalikan ke asalnya.

Sayang sekali Bapak tidak menggambarkan kondisi hemoroid yang dialami oleh istri Bapak. Pengobatan hemoroid pada intinya bertujuan untuk mengurangi gejala yang dirasakan, dapat dilakukan dengan sering berendam dalam air hangat selama 10 menit, mengoleskan krim atau minum obat-obatan yang dapat mengurangi gejala yang dirasakan, merubah pola hidup dengan lebih banyak makan makanan yang berserat, minum air putih lebih banyak (hingga 8 gelas sehari) serta menghindari mengejan dan terlalu banyak duduk.

Ambeven mengandung senyawa-senyawa herbal yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan pada hemoroid, menghilangkan sakit dan rasa tidak nyaman. Pengobatan dengan ambeven hanya bermanfaat apabila hemoroid masih dalam derajat yang rendah, seperti derajat 1 dan awal derajat 2. Namun apabila sudah lebih parah dari itu, sebaiknya hal ini dikonsultasikan kepada dokter ahli bedah untuk penanganan selanjutnya. Pengobatan dengan cara pembedahan juga merupakan solusi yang paling baik untuk menghindari kejadian berulang hemoroid.

Sekian jawaban yang dapat saya berikan, semoga memberi masukan kepada Bapak.

Mohon maaf atas segala kekurangan.
WassalaamuĆ¢€™alaikum,


(Dr. Meccarania Dila Mutiara )

3 comments:

Anonymous said...

Ass.
Dok, saya mengalami benjolan di dekat dubur saya, saya sudah konsultasi ke dokter bedah dan sudah diberi obat pronalges dan baquinor, kira2 brp lama sy bisa sembuh??
dan salep apa yg co2k utk wasir?? Thx b4
by : Ahmad

Unknown said...

Dok , beberapa hari ini maaf anus saya sakit kalau bab terus hari ini saya iseng saya foto saya kaget di anus saya ada darahnya terus kek ada gumpalan putih kaya lendir lemak gtu , bab saya susah sekali dok , saya takut mohon minta sarannya dok , terimakasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum dokter....
Saya zainudin, penyakit yg saya derita ni ambeien, ambeien sya tlh di operasi, pasca operasi'a sdh berjalan slma 6 bulan dokter, dan skrg sakit lgi smpai2 buang air besar susah, mhn solusi'a dokter terimakasih

Wassalam