Pages

Sunday, May 8, 2011

Obat Cina Peredam Nafsu Makan, Amankah?

Tanya:
Selama ini, saya (26) memiliki kebiasaan makan yang buruk. Jika perasaan sedang tidak keruan, saya sering melampiaskannya dengan cara makan. Saya tidak dapat menahan diri untuk tidak ngemil. Sepertinya, saya merasa lapar hampir setiap saat.

Karena itu, untuk menghambat nafsu makan, beberapa kali saya minum sejenis obat Cina. Saya ingin meredam kebisaan ngemil ini. Bagaimana mengatasinya?

dxxx@cbn.net.id

Jawab:

Untuk menyisiasati kebiasaan buruk ini, Anda sebaiknya mulai mengonsumsi makanan yang bisa menahan rasa ingin ngemil. Anda bisa mulai sarapan pagi dengan makanan yang mengenyangkan cukup lama, seperti sereal, oatmeal, yogurt, dan buah-buahan segar, seperti apel, pir. Jika benar-benar tidak tahan untuk memakan makanan tertentu, makanlah sedikit saja, hanya untuk mengatasi lapar sesaat.

Selain itu, jika ada perasaan ingin mengemil, Anda bisa meneguk segelas air putih, sebab seringkali dehidrasi disalahartikan dengan rasa lapar. Maka itu, Anda dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Dan, ganti camilan Anda dengan buah-buahan segar. Namun, jika masih merasa lapar, lampiaskan keinginan ngemil Anda pada hal-hal lain di luar makanan, misalnya mendengakan musik kesukaan atau pergi berbelanja, walau sekadar window shopping.

Pemakaian obat Cina untuk menahan nafsu makan sebaiknya dihentikan. Obat-obat seperti itu bersifat fat blocker (menghambat lemak) atau fat binding (pengikat lemak), sehingga pemasukan lemak dari makanan Anda tidak seluruhnya diserap oleh tubuh. Disarankan agar Anda ke dokter, untuk meminta obat-obat yang aman dan mempunyai efek samping paling minimal.

Konsultan: Rury Indah (ahli gizi)

No comments: