Pages

Monday, May 9, 2011

Perut Bagian Kiri Sakit Pascasanggama

HALO dok, saya Dita. Saya mau bertanya mengapa setiap usai melakukan hubungan intim bersama suami, perut bagian kiri bawah saya sering terasa sakit.

Sebelumnya saya pernah ke dokter dan diagnosa, saya terkena infeksi saluran kencing. Kemudian saya diberi obat, dan setelah diminum sembuh.

Hanya saja kalau saya ada masalah atau yang mengganggu pikiran, perut saya kembali terasa sakit. Meski hal ini tidak membuat aktivitas saya terganggu, sakitnya ini sama seperti sakit seperti mau datang bulan.

Selain itu, saya juga hampir mau dilaparoskopi karena dokter yang lain mengatakan saya endometriosis dan sulit punya anak. Sedangkan dokter lainnya mengatakan ini hanya cuman faktor psikologis saja.

Yang ingin saya tanyakan, sebenarnya saya sakit apa ya dok? Dan perawatannya seperti apa yang harus saya lakukan? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Dita

Jawab:

Perut sakit di bagian bawah pusar kemungkinan ada radang saluran telur, atau radang di daerah usus sebelah kiri.

Kalau dugaannya radang saluran telur, Anda harus ke dokter kandungan, mungkin dokter akan melakukan USG.

Kalau berasal dari usus, Anda harus ke penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut, kemungkinan faktor psikologis juga sangat besar, tetapi yang jelas Anda harus periksa dengan benar.


Dr Anita Gunawan SpAnd

No comments: