Pages

Tuesday, June 14, 2011

Benarkah Tumor Jinak Itu Tidak Apa-apa?

Dok, di payudara kanan saya ada benjolan. Saya pernah USG katanya tumor jinak dan tidak apa-apa. Sudah setahun ini lama-lama agak membesar sedikit. Benarkah ini tidak apa-apa? Terimakasih.

Ade (Perempuan Lajang, 22 Tahun), adeXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 163 Cm dan Berat Badan 44 Kg

Jawaban

Mbak Ade, umumnya benjolan payudara atau sekitar 80 persen lebih merupakan kelainan yang tidak membahayakan karena bukan tergolong kanker (tumor ganas), salah satunya adalah seperti yang dikeluhkan adanya tumor jinak.

Umumnya tumor jinak akan menetap, ada sekitar 10 persen mengecil dan 10 persen lainnya membesar. Sehingga bila dalam pengamatan ada kecenderungan membesar apalagi bila ukurannya sudah 2 cm atau lebih sebaiknya dilakukan pengangkatan.

Dr. Sonar Sonny Panigoro Sp.B.Onk

2 comments:

renal.hendrik said...

salam dok,dok sy mau tanaya.sy mempunyai bakat keloid dan sy punya banyak benjolan2 daging di tubuh sy,yg terutama di daun telinga sy.sy sudah melakukan 2x bedah plastik tapi benjolan tersebut kembali tumbuh dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya.dengan pengobatan apa kah supaya benjolan tersebut bisa hilang?? apakah sy harus melakukan operasi lagi??dan selanjutnya gimana supaya tidak kembali tumbuh?? terima kasih,,,

Anonymous said...

Dear Dok.,.

Perkenalkan saya Vimela,

Saya ga mau buat post baru, karena berhubungan dengan post yang ini..

Yang ini saya tanyakan.,.

Benjolan di Payudara, apakah bisa berhubungan dengan penyakit tiroid..?

Karena cici saya dulu ada tiroid,. tetapi dia jatuh2 nya ke gondok,. tetapi kalau saya larinya ke payudara..


skrng saya sedang ingin memeriksa kelenjar tiroid dan disarankan untuk lab ft3 dan t4.. apakah benar saya harus memeriksa itu..? thanks