Pages

Monday, June 13, 2011

Gampang Capek Karena Varises

Dok, saya ada keluhan dengan varises di kaki. Kira-kira obat apa atau cara apa supaya bisa sembuh dan hilang varises itu ya dok? Terus terang saya jadi gampang capek. Terimakasih dan saya tunggu jawabannya.

Ratna Tri K (Perempuan Menikah, 28 Tahun), ratna_ara@yahoo.com
Tinggi Badan 156 cm dan Berat Badan 47 kg

Jawaban

Mbak Ratna Tri K, dilihat dari tinggi dan berat badan sepertinya proporsional. Timbulnya varices sebenarnya karena faktor keturunan (kurang lebih 5-7%) dan faktor pekerjaan dimana banyak berdiri atau banyak duduk diam. Juga dapat ditimbulkan dari olahraga yang kuat seperti berlari, bersepeda, sepak bola.

Seiring waktu, masa kehamilan yang terus bertambah juga bisa menimbulkan varices, dan karena pengaruh hormon-hormon progresteron dan ergosteron.

Tentunya didalam varices terkumpul darah venous yang banyak mengandung CO2 dan asam laktat (susu) yang menimbulkan nyeri dan kelelahan.

Varises adalah urat pada dinding yang lemah sehingga menyebabkan tonjolan di atas permukaan kulit. Tonjolan ini bisa muncul karena kebocoran katup dalam pembuluh saphenous di kaki yang mencegah aliran darah menuju jantung. Varises menyebabkan sakit, gatal dan terkadang terjadi komplikasi lain seperti eksim atau bisul.

Jika varises belum begitu besar masih dapat dihilangkan dengan cara suntikan. Nama asingnya sclerosing. Sedangkan soal biayanya tergantung dari banyaknya varises yang akan di-sclerosing dan harga obatnya.

Dr. Ary Mboeik, Sp.BTKV (K) BV

No comments: