Pages

Wednesday, August 10, 2011

Efek Negatif Mengonsumsi Pil KB

PERKENALKAN saya Eti Hartini (28), karyawati di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Saya sudah menikah dan mempunyai satu anak yang kini berusia 16 bulan. Anak saya lahir melalui proses caesar.

Saat ini saya memakai alat kontrasepsi pil KB, sebagai anjuran dari dokter yang saya kunjungi. Saya tidak diperbolehkan memakai kontrasepsi spiral karena sejarah medis saya yang pernah menjalani operasi kista ovarium. Kata dokter, kalau saya memakai alat kontrasepsi spiral maka akan menyulitkan saya untuk mendapatkan momongan lagi.

Saya pernah coba untuk tidak mengkonsumsi pil KB, tapi malah berakibat pada siklus menstruasi saya menjadi tidak teratur.

Saya pernah coba menghentikan konsumsi pil KB dan akibatnya siklus menstruasi saya jadi tidak teratur. Apakah efek dari mengonsumsi pil KB memang begitu? Berbahayakan bila melahirkan di atas umur 35 tahun dengan proses caesar? Terima kasih atas bantuan dan saran dokter.

Jawaban:


Pil KB prinsipnya ada dua macam, yang isinya tunggal atau satu macam hormon dan yang isinya dua macam hormon dengan pemberian sequensial.

Biasanya yang isinya dua macam hormon dan diberikan sequensial menyebabkan haid teratur, tetapi yang isinya tunggal atau satu macam hormon menyebabkan haid berhenti atau tidak teratur.

Melahirkan dengan caesar relatif aman walaupun usianya lanjut. Asalkan, tidak ada penyulit atau penyakit yang mengganggu operasi atau pembiusan. Tetapi yang dikhawatirkan prosentase kelainan janin, yang disebabkan kelainan jumlah kromosom yang akan meningkat dengan bertambahnya umur ibu.

Salam


dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: