Pages

Tuesday, August 9, 2011

Selalu Kesakitan saat Berhubungan Seks

SELAMAT pagi dokter. Perkenalkan saya Wisnu, usia 30 tahun. Saya ingin meminta saran dari dokter atas persoalan yang kami alami.

Saya berkeluarga sudah tiga tahun dan mempunyai satu putri. Selama ini saya dan istri jarang sekali melakukan hubungan intim. Paling tidak satu bulan sekali dengan alasan setiap melakukan hubungan intim istri saya merasa sakit dan sama sekali tidak menikmatinya.

Terus terang dalam jangka waktu tersebut saya sungguh berat sekali menerimanya. Apakah ada masalah dengan istri saya dokter? Langkah apa yang harus kami lakukan terutama saya sebagai suami?

Selanjutnya anak saya sekarang sudah berusia hampir dua tahun. Saya ingin memiliki anak lagi, tapi idealnya di usia anak saya ke berapa? Saya ingin menerapkan standar kedokteran.

Demikian yang dapat saya tanyakan, besar harapan kami dokter dapat membantu menjawab pertanyaan dari kami. Atas penjelasannya kami ucapkan terima kasih.

Jawaban:

Sakit waktu senggama merupakan pengalaman seksual yang buruk bagi Anda dan pasangan. Sebaiknya segera periksakan ke dokter dan cari penyebabnya, serta selesaikan masalah tersebut.

Usia ibu yang ideal untuk hamil adalah 20 sampai 30 tahun. Sementara untuk jarak antara anak satu dan berikutnya, sebaiknya lebih kurang tiga tahun.

Salam

dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: