Pages

Sunday, August 7, 2011

Istri Alami Hamil Anggur

PERKENALKAN saya Arie Wicaksono. Istri saya mengalami keguguran di usia kandungan 11 minggu, tapi istri saya tidak merasakan apa-apa. Tidak merasa mules atau ada bercak darah. Saat mengecek ke dokter kandungan, ternyata bayinya sudah meninggal di dalam kandungan. Lalu dikuretlah dan diagnosa dokter menjelaskan bahwa istri saya hamil anggur.

Setiap minggu kami rutin mengecek untuk melakukan tes kehamilan agar hasilnya negatif. Dokter bilang istri saya hasil laboratoriumnya selalu positif, maka ada kemungkinan kanker rahim.

Apakah hamil anggur itu? Benarkah ada kemungkinan kanker rahim? Apa istri saya masih bisa hamil normal lagi? Terima kasih dokter.

Jawaban:


Hamil anggur istilah kedokteran mola hydatidosa adalah tumor yang jinak dari chorion. Prosentase kejadian di Indonesia 1 di antara 80 persalinan.

Biasanya terjadi karena sebagian dari villi berubah menjadi gelembung-gelembung berisi cairan jernih. Gelembung itu sebesar butir kacang hijau sampai sebesar buah anggur.

Choriocarcinoma atau ganas terjadi setelah hamil anggur antara 2% sampai 8% dan makin tinggi pada umur tua.

Salam

dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: