Pages

Saturday, August 6, 2011

Takut Keguguran Lagi

PERKENALKAN saya Sutiana Supi, 25 tahun. Berat badan saya 43 kg dan tinggi badan 155 cm. Saya pernah mengalami keguguran pada usia kandungan tiga bulan dan dikuret.

Kejadian itu sudah delapan bulan yang lalu. Bulan ini saya terlambat haid 12 hari, padahal biasanya teratur. Lalu saya test-pack negatif. Dua hari kemudian saya haid dan haidnya lain dari biasanya. Berwarna coklat tua kehitaman dan banyak, serta menggumpal-gumpal. Tapi cuma sehari keluarnya sebanyak itu. Hari berikutnya volumenya biasa saja. Namun lama haidnya bertambah.

Oleh karena itu saya takut apakah keterlambatan haid itu menandakan saya hamil dan apakah haid yang beda dari biasanya itu menandakan saya keguguran. Jika benar, apa yang sebaiknya saya lakukan. terima kasih dokter.

Jawaban:


Terlambat haid tidak harus selalu terjadi kehamilan, karena siklus haid sangat dipengaruhi hormonal yang dapat berubah karena rangsangan panca indra kita seperti sangat senang, sangat khawatir, sangat berharap hamil, lingkungan, termasuk jenis darah haidnya.

Yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pola hidup sehat, seperti istirahat yang cukup secara kwalitas dan kwantitas, makan yang berimbang, dan berolahraga teratur dengan kwalitas dan kwantitas.

Selain itu, jika ada beban psikis maka segera selesaikan dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol berlebihan, dan usahakan berat badan ideal.

Salam


dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: