Pages

Saturday, August 13, 2011

EFEK SAMPING LIPITOR

dear dokter

atas inisiatif sendiri, beberapa bulan yang lalu saya medical check u/ kolesterol, darah lengkap, urin, dan hasilnya, hasil lainnya normal, sedangkan hasil kolesterol :LDL 192, HDL 45, TRigl 90, total 250>(lupa).
keluhan saya sebelumnya sering lemas , gelisah dan sering pusing dikantor. oleh dokter saya diberikan lipitor 20 mg u/ 1 bulan

entah secara kebetulan apa tidak setelah saya mengkomsumsi lipitor selama 1 minggu pertama saya sering sesak nafas, nafas cepat (perasaan hidung seperti tersumbat tapi bukan flu). selain itu BAB kurang lancar.
setelah sebulan obat saya habis, bulan berikutnya saya cek kolestrol lagi, kolesterol Total nya sudah mendekati 200, saya komsumsi lagi lipito 10 mg (20 mg di bagi dua karena ternyata harga 10 sama 20 sama) ternyata keluhan saya mengenai nafas sesak dan BAB tdk lancar berulang.

apakah memang lipitor punya efek samping tersebut atau hanya sugesti saya. dan kalau ia apa kira2 obat penganti yang cocok.

Jawab :

Efek samping yang ditimbulkan dari lipitor, antara lain mual, sakit kepala, kelemahan otot, insomnia, gangguan pencernaan, gangguan saraf tepi dan gatal gatal serta beberapa efek samping lain seperti myositis, angioneurotik edema, dan asthenia. Diantara efek samping yang saya sebutkan, mungkin bapak mengalami suatu gangguan pencernaan (sulit BAB) dan angioneurotik edema. Angioneurotik edema biasa terjadi edema (seperti bengkak) pada kulit namun dalam beberapa kasus dapat terjadi pada saluran pernafasan. Hal ini yang menimbulkan keluhan sesak yang bapak keluhkan.

Sebaiknya bapak mengganti obat tersebut karena keluhan sesak dapat membahayakan anda bila pengobatan diteruskan. Mengenai obat pengganti, sebaiknya anda berkonsultasi kembali ke dokter karena pengobatan untuk penurun lemak sebaiknya di bawah pengawasan dokter bukan untuk dikonsumsi bebas.

dr. Hansen

No comments: