Sunday, August 14, 2011

JANTUNG BENGKAK DAN HIPERTENSI

Siang Dok, Adik saya umur 20 thn, sekarang posisi sudah bekerja. kemarin periksa tensi 150, udah dberi obat penurun tensi dan obat lainnya, akibatnya kepala pusing banget dan dada sesak, detak jantung juga kencang bgt, bisa sampai 100/mnt, kadang lebih, karena ukuran jantung dia tidak normal ( bengkak ), apa itu sebabnya dia jadi sesak napas? apa harus cek up ke Dokter spesialis jantung juga atau itu akibat dari hipertensinya dia?Kira-kira apa yg harus kami lakukan?Terima kasih atas saran dari Dokter.

Jawab :

Kemanakah anda berobat dan diberikan obat penurun tekanan darah apa? Berapakah tekanan darah anda? (yang anda sebutkan hanyalah tekanan darah sistolik saja, berapakah tekanan darah diastolik anda?)
Apakah keluhan tsb (kepala pusing, dada sesak dsbnya) timbul diakibatkan konsumsi dari obat tsb? Dan darimanakah anda mengetahui ukuran jantung tidak normal/bengkak tsb?
Biasanya obat penurun tekanan darah tidak menyebabkan keluhan2 seperti itu, tetapi saya tidak tahu dengan pasti obat2 apa yang diberikan oleh dokter anda, sebaiknya anda kembali lagi ke dokter tsb mengenai keluhan ini sehingga bisa diganti dengan obat lain.
Mengenai sesak nafas, pada saat apakah sesak itu timbul? Hal ini dapat disebabkan karena kelainan pada paru2 atau jantung, dan harus dilakukan pemeriksaan fisik mengenai hal ini. Biasanya bila sudah lama menderita hipertensi memang dapat menyebabkan pembesaran dari jantung karena merupakan reaksi tubuh dalam mengkompensasi tekanan darah yang tinggi/meningkat. Darimanakah anda mengetahui adanya pembesaran jantung? Apabila ukuran jantung tidak normal diketahui dari hasil pemeriksaan (misalnya : foto rontgen dada), saran saya lebih baik berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis jantung dengan membawa hasil tsb. sehingga dapat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat.

dr. Susy

3 comments:

alviz said...

Selamat pagi dok,umur saya 23th dan memiliki riwayat sesak napasdan darah rendah (90/70)Tapi sebulan terakhir ini,saya merasa detak jantung saya tidak seperti biasanya. Sering saya merasa tiba-tiba seperti degup jantung saya lebih cepat dari biasanya,walaupun tidak melakukan aktifitas apapun,dan terkadang setiap 1 menit hitungan, detak jantung saya tidak terbaca kira-kira 2 detik,disertai nyeri seperti pukulan di dada. tekanan darah saya 3hri lalu mencapai 218/176 dan detak jantung /menit 77. telapak tangan saya sering basah karena keringat dan sekarang saya jadi kurang bersemangat melakukan aktifitas karena selalu merasa lemas. untuk menurunkan tekanan darah saya, saya diberi obat Captopryl 12,5mg.Apa yang harus saya lakukan? mohon jawabannya Dokter,dan terima kasih banyak.




Tika

Unknown said...

Pak/Bu Dokter. Saya pria berusia 22 tahun. Sekitar 2 bulan lalu saya didiagnosis dokter umum terkena hipertensi, orang tua saya tidak ada yang mempunyai riwayat darah tinggi. Karena pada suatu hari tensi saya 150/90, dan bisa turun menjadi 130/80 selama seminggu tanpa bantuan obat. Namun 2 minggu setelah itu tensi saya kembali naik 150/90,dan akhirnya saya diharuskan meminum obat amlodipine 5 mg, 1 butir/hari (jika masih tinggi diminta menjadi 2 butir/hari). Saya juga sudah mengikuti beberapa test lab darah, dan dinyatakan normal. Photo rontgen jantung dan ginjal, normal. Fungsi jatung, dengan rekam jantung, hasilnya normal. keluhan yang saya sering rasakan adalah nyeri dibelakang kepala.

yang mau saya tanyakan:

1. Apakah saya dapat meninggalkan keharusan minum obat tersebut? Karena saya tidak mau ketergantungan dengan obat, karena selain mahal, nyatanya organ dalam saya tidak ada yang bermasalah.
2. Apakah ada metode lain untuk mengetahui penyebab hipertensi?
3. Apa yang harus saya lakukan agar sembuh dari hipertensi?

Terima Kasih.

Salam,
Hendra

Ilham said...

Selamat siang dok
nama saya ilham dari bandung permisi mau bertanya.
akhir akhir ini saya sering sesak nafas terus
kalo posisi dada saya di naikan ke atas suka agak sakit di dada bagian tengah dan juga kalo saya menghirup nafas agak panjang di dadanya suka ada bunyi trek trek trek
Saya akhir akhir ini cukup gelisah dengan keadaan saya. Mohon jawabanya dok
Terimakasih