Pages

Monday, August 15, 2011

NYERI DADA KANAN

Dok, ayah (55th) saya mengeluh nyeri dada kanan hilang timbul dari februari 2009, nyeri datang sketika, tidak ada pngaruh hbs mlakukan aktvtas/tdk. ayah saya ada riwayat gjala stroke 2X,Rwyt drh tggi, dan diabetes (stlh dlakukan pmasangan ring smua hsl lab normal) Smua aktivitas msh bs dlakukan. Ayah saya prnah brobat karena nyeri dada nya,dan dianjurkan ke sp.Jantung, dari sp.Jantung ayah saya di ekho,dan dsarankan kateter,sterusnya dilakukan pemasangan ring, setelah 4 bln pmsangan ring, nyeri dada kanan tetap ada, ayah saya byk dberi therapi obat2an dr cardiac aspirin,isdn,amlodipin,plavix,dll..
Tapi tdk menghilang kan rs nyeri itu, nyeri sendiri kadang datang, malah setelah pemasangan ring, paha kanan ayah saya tmpt pmasangan ring kadang terasa sakit. Ayah saya juga sering terkena flu yg panjang,dan terkadang batuk.. Bagaimana ya dok,saya jd bingung apa lg yg mw dlakukan??

Jawab :

Obat yg diberikan sudah sesuai dgn penyakit jantung koroner. Apabila diabetes & darah tinggi sudah terkontrol, kemungkinan nyeri dadanya selain karena jantung koroner bisa juga disebabkan kelainan di paru2. Bila paru2nya bersih & tulang2 dada tidak ada kelainan, kemungkinan lain adalah psikosomatik, artinya kelainan dibadan (misal nyeri dada) akibat kelainan psikis (stress dll). Karena itu anda perlu juga konsultasi ke dokter ahli paru.

dr. Marisa Kusuma

No comments: