Pages

Monday, August 15, 2011

DARAH TINGGI DAN DETAK JANTUNG CEPAT

Dear Dokter,

Saya mempunyai riwayat darah tinggi dari keluarga, dan rata-rata kalau syaa cek setiap bulan darta-rata 140/100 mmHg, namun dalam 2 bulan terakhir ini timbul masalah baru yang saya tidak tahu ada hubungannya atau tidak..

- Setiap hari kepala saya nggeliar (seperti orang mau jatuh), di periksa tekanan darah 150/100
- Detak jantung berdetak cepat sekali sehingga membuat sesak di dada (lebih dari 100x/menit)

Saya sudah konsultasi ke doker S.Pd , namun setiap saya periksa tekanan darah saya slealu normal 120/80 namun tetap saya keluhkan mengenai hipertensi dan detak jantung cepat.

Dokter memberi obat saya Propanolol 10 mg, dan saya meminumnya 2x sehari dan saya juga selalu meminum jus belimbing 2x sehari..

Pertanyaan saya ?

1. Apakah sakit pusing dan jantung berdebar adalah murni dari hipertensi ?, (dari analisa dokter tidak, karena saat periksa tensi turun tapi jantung tetap berdebar cepat, lalu tes tiroid dan ternyata tetap tidak terbukti, hasil - )

2. Apakah obat propanolol bisa selalu saya konsumsi dalam jangka panjang , karena saya merasa cocok dengan obat itu..


Mohon infonya Dokter.

Jawab :

Sampai terbukti adanya penyebab yang lain (dari penyakit jantung), jantung berdebar dan pusing dapat disebabkan oleh hipertensi.

Penggunaan propanolol sebaiknya dalam pengawasan dokter.

dr. Hansen

No comments: