Pages

Tuesday, August 16, 2011

TELAPAK TANGAN/KAKI KELUAR KERINGAT

siang dokter...
tangan dan kaki saya sering berkeringat,bahkan kadang pada kondisi tertentu sangat banyak (ex.lg nervous),ini membuat saya menjadi nggak pede,saya belum pernah periksa jantung,apakah ini yang disebut lemah jantung ya dok???apa bedanya dengan sakit jantung??? matur nuwun dokter
saya seorang ibu dengan 2 puteri,kerja di swasta,usia 31 th,bb 58 kg,tinggi badan 156 cm,perlu dokter ketahui keringat itu muncul sejak saya duduk di bangku sekolah,karena saya termasuk anak yang pemalu dan sering minder (minim pede) meski prestasi saya tdk pernah mengecewakan,dan di usia saya sekarang ini saya merasa jauh lebih pede dan berani menyikapi hidup namun terkadang keringat di telapak tangan/kaki masih dan sering juga keluar banyak,bagaimana solusinya menurut dokter???kegiatan/olah raga apa yang mesti saya lakukan untuk mengurangi keringat itu???karena untuk hilang sama sekali kemungkinan sangat kecil,terima kasih atas sarannya dok...

Jawab :

Sebenarnya telapak kaki dan tangan yang sering berkeringat tidak selalu identik dengan penyakit jantung.... Hal tersebut lebih karena kelenjar keringat anda didaerah tersebut aktif sekali.... dan hal ini dapat juga disebabkan oleh psikis seseorang misalnya dalam keadaan tertekan, gugup, ketakutan.... Oh ya... usia anda berapa ya? anda laki-laki atau perempuan? berat badan dan tinggi badan anda berapa? Coba anda atasi terlebih dahulu gejala psikis anda.... kemudian perhatikan dengan tangan dan kaki anda...
Bila dilihat dari usia dan fisik anda kemungkinan anda menderita sakit jantung kecil ya ibu... tetapi untuk lebih pasti dan membuat anda tenang anda dapat memeriksakan diri anda kedokter, atau mungkin anda sebaiknya terlabih dahulu melakukan general check up.... Dan bila dilihat dari cerita anda, saya lebih cenderung agar anda berkosultasi dengan seorang psikolog bila keringat di telapak tangan dan kaki anda sangat menganggu anda.

dr. Risma

1 comment:

Medusa Kill said...

saya wanita usia 22th.telapak tangan dan kaki saya sering berkeringat terutama dalam kondisi bnyak pikiran,saya mudah lelah,jantung saya sering berdebar keras namun lamban seakan hendak berhenti,kalau saya berubah posisi dari berdiri kejongkok tiba2 ataupun sebaliknya saya merasa pusing dan jantung saya berdebar-debar.saya kenapa ya dok?apa saya lemah jantung?