Pages

Tuesday, November 15, 2011

Bagaimana Cara Menggemukkan Badan?

Saya kok susah banget buat gemuk ya? Berat badan saya tidak pernah sampai 50 kg, kira-kira ada saran biar saya bisa gemuk?

Yusuf (Pria Lajang, 22 Tahun), ikyuXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 167 Cm dan Berat Badan 47 Kg

Jawaban

Halo Yusuf, saat ini memang berat badan Anda dapat dikatakan kurang dengan BMI 16,9 (underweight). Berat badan ideal Anda adalah sekitar 50-70kg (18 < BMI < 25). Dalam rentang umur yang aktif seperti Anda, jika saya menghitung dengan aktifitas sedang sampai aktif, maka Anda memerlukan sekitar 1.850-2.000 kalori per hari untuk mempertahankan berat yang sekarang. Namun karena Anda mau menambah berat badan, Anda harus menambah asupan kalori Anda menjadi 2.000-2.500 kalori per hari.

Untuk menaikkan berat badan, Anda perlu:

1. Makan 5-6 kali sehari, setiap hari: 3 makan besar seperti sarapan, makan siang dan makan malam ditambah 2-3 kali cemilan. Usahakan untuk memberi jarak 2-3 jam antar makan untuk memberikan waktu mengolah makanan.

2. Makan makanan yang mempunyai banyak energi seperti susu full krim dan produk olahannya, daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan alpukat. Jangan ragu untuk memasukkan protein (susu,telur, ikan dan daging) ke dalam setiap makanan Anda karena Anda memerlukannya untuk menambah berat badan dan massa otot.

Jika Anda biasa menggunakan produk susu penambah berat badan, Anda bisa mengkonsumsinya terus. Jika tidak, alternatif lain yang mungkin lebih murah adalah dengan membuat susu dari susu bubuk biasa dengan jumlah banyak sampai kental. Ada baiknya Anda juga rutin berolahraga agar protein yang Anda konsumsi bisa disimpan sebagai otot dan bukan sebagai lemak. Selamat mencoba.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: