Pages

Friday, December 2, 2011

Pakai Colostomy Karena Anus Robek

Dok, beberapa waktu lalu saya mengalami kecelakaan hingga bagian anus saya robek. Lalu dibuat colostomy dan sekarang ini saya masih menggunakan kantong colostomy. Yang mau saya tanyakan, bagaimana penyambungan bisa dilakukan dok? Soalnya waktu penyambungan lalu saya ada infeksi yang harus dibuatkan kantong lagi sehingga saya masih ragu untuk ke rumah sakit yang lalu. Yang kedua berapa biaya yang harus dikeluarkan dok? Terimakasih.

Ericks (Pria Lajang, 24 tahun), heriarfiansyah@yahoo.com
Tinggi Badan 175 cm dan Berat Badan 80 kg.

Jawaban

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa untuk mengetahui apakah penutupan colostomy/penyambungan dapat dilakukan. Pertama harus diperiksa apakah luka yang di anus sudah sembuh atau belum. Hal ini dapat diperiksa dengan menggunakan kolonoskopi atau foto dengan kontrast daerah tempat luka. Kedua, dalam keadaan umum sebaiknya Anda menjalani operasi. Mengenai biaya yang harus dikeluarkan, sebaiknya ditanyakan pada rumah sakit di mana akan dilakukan operasi.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: