Pages

Wednesday, June 27, 2012

Lumpuh Tiba-tiba Karena Kadar Kalium Rendah

Dok, tahun 2010 saya lumpuh tiba-tiba setelah beberapa waktu selalu merasa capek, pegel dan kram. Mulanya saya pikir karena kecapekan kerja, tapi setelah dibopong ke IGD dan periksa laboratorium ternyata kalium saya 1,7 mmol/L.

Dokter di RS langsung mengguyur dengan KCL bertabung-tabung. Sakitnya bukan main. Setelah keluar dari RS, saya dianjurkan makan pisang yang banyak, makan KSR, minum air kelapa muda.

Saya berdoa, mudah-mudahan hipokalemia ini tidak kambuh lagi. Dokter Dito, mohon penjelasan tentang hipokalemia dan bagaimana solusinya? Terimakasih atas penjelasan yang diberikan.

Dewi

Jawaban

Dear Dewi,

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas kepercayaannya kepada kami.
Langsung menuju inti permasalahan, ya.

Kalium merupakan elektrolit atau zat kimia yang berperan penting di dalam pengaturan fungsi sel-sel otot dan saraf, terutama sel-sel otot jantung.

Hipokalemia merupakan kondisi dimana kadar kalium (potassium) di dalam darah, serum, atau plasma darah menurun atau di bawah normal, yaitu kurang dari 3,5 mEq/liter. Normalnya, kadar kalium di dalam darah sekitar 3,6 hingga 5,2 millimol per liter (mmol/L). Sekitar 20% penderita yang dirawat di rumah sakit mengalami hipokalemia.

Penderita hipokalemia seringkali tidak merasakan gejala apapun, terutama bila masih dalam tahap ringan, yaitu bila kadar kalium di dalam serum masih sekitar 3,0 hingga 3,5 mmol per liter.

Bila kadar kalium di dalam serum menurun hingga kurang dari 2,5 mmol per liter, maka dapat terjadi kematian (necrosis) sel-sel atau jaringan otot.

Pada konsentrasi serum kurang dari 2,0 mmol per liter, maka dapat terjadi paralysis (melemahnya atau melemasnya anggota gerak dari kaki yang menjalar naik hingga ke tangan) dan gangguan fungsi pernafasan.

Secara umum, penderita hipokalemia akan merasakan gejala:
1. Otot-ototnya melemas atau melemah
2. Merasa lelah
3. Merasa nyeri di otot
4. Tekanan darah meningkat
5. Jantung berdenyut cepat dan tak teratur (palpitation)
6. Kram otot atau kram perut
7. Paresthesia (sensasi terbakar, gatal, geli, tertusuk duri, kesemutan, dsb di kulit)
8. Mual atau muntah
9. Sulit buang air besar (constipation)
10. Depresi
11. Sering merasa haus (polydipsia)
12. Sering kencing (polyuria)
13. Sering buang air kecil pada malam hari (nocturia)
14. Kebingungan mental dan penurunan kesadaran (delirium)
15. Halusinasi
16. Gangguan mental berat (psychosis).
17. Dapat juga disertai kelumpuhan, gangguan metabolisme protein, dan gangguan toleransi glukosa.

Pada kondisi yang berat, dapat terjadi henti jantung (cardiac arrest), denyut atau irama jantung yang melambat (bradycardia) atau bertambah cepat (tachycardia).

Penyebab

Hipokalemia disebabkan oleh multifaktor seperti:
1. Penyakit gagal ginjal kronis
2. Diabetic ketoasidosis
3. Berkeringat berlebihan (hiperhidrosis)
4. Penipisan atau kekurangan magnesium
5. Leukemia (kanker darah)
6. Muntah, diare (mencret)
7. Hyperaldosteronism (overproduksi aldosteron, yaitu hormon steroid yang disekresi oleh korteks adrenal yang mengatur garam dan keseimbangan air di dalam tubuh)
8. Penggunaan enema (cairan yang disuntikkan ke anus untuk membersihkan saluran pencernaan)
9. Penggunaan laxative (pencahar)
10. Malnutrisi
11. Asupan diet yang berkurang (decreased dietary intake)
12. Nutrisi parenteral (yang disuntikkan secara intravenous atau intramuscular).

Selain itu, hipokalemia juga dapat disebabkan oleh efek penggunaan obat (medikasi), seperti: diuretik (acetazolamide, tiazid, indapamide, bumetanide, furosemide, dsb), beta dua-adrenergic agonist, steroid, theophylline, aminoglycoside, dekongestan, kafein, overdosis insulin, antibiotik dosis tinggi (penisilin, nafcillin, ampicillin, carbenicillin), cisplatin, foscarnet, amfoterisin B.

Yang perlu diperhatikan adalah: bila furosemide atau bumetanide dikombinasikan dengan metolazone, maka dapat menyebabkan hipokalemia sedang hingga berat.

Pemeriksaan Penunjang

Untuk memastikan hipokalemia, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang, seperti kadar K dalam serum, kadar K, Na, Cl dalam urin 24 jam, kadar Mg dalam serum, analisis gas darah, dan elektrokardiografi (EKG).

Solusi

Dokter akan memberikan terapi sesuai indikasi.

1. Pemberian kalium lebih disenangi dalam bentuk oral karena lebih mudah. Pemberian 40-60 mEq dapat menaikkan kadar kalium sebesar 1-1,5 mEq/L, sedangkan pemberian 135-160 mEq dapat menaikkan kadar kalium sebesar 2,5-3,5 mEq/L.

2. Bila ada intoksikasi digitalis, aritmia, atau kadar K serum < 3 mEq/L, koreksi K secara intravena 20 mEq/jam dalam 50-100 cc larutan dekstrosa 5%.

3. Bila kadar kalium dalam serum > 3 mEq/L, koreksi K cukup per oral.

4. Monitor kadar kalium tiap 2-4 jam untuk menghindari hiperkalemia terutama pada pemberian secara intravena.

5. Pemberian K intravena dalam bentuk larutan KCl disarankan melalui vena yang besar dengan kecepatan 10-20 mEq/jam, kecuali disertai aritmia atau kelumpuhan otot pernafasan, diberikan dengan kecepatan 40-100 mEq/jam. KCl dilarutkan sebanyak 20 mEq dalam 100 cc NaCl isotonik.

Diet Tinggi Kalium

Selain obat dokter, diet berikut ini juga amat membantu penderita hipokalemia. Tentunya diharapkan agar penderita berkonsultasi ke dokter dan ahli gizi sebelum menerapkan diet yang tepat.

Sumber karbohidrat tinggi kalium, misalnya: singkong, havermout, tepung kedelai, tepung tapioka, kentang, ubi kuning, beras ketan, jagung kuning, ubi putih, biskuit, beras merah, tepung terigu, bihun, makaroni.

Sumber protein hewani tinggi kalium, misalnya: corned beef, ground beef, steak, veal, lamb, keju, sosis, putih telur bebek, putih telur ayam, telur bebak, udang, telur ayam.

Sumber protein nabati tinggi kalium, misalnya: kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kecap, kacang tanah, kacang mete, kacang kedelai hitam, tahu.
Buah tinggi kalium antara lain: pisang, kurma, alpukat, duku, pepaya, apel merah, arbei, sawo, jeruk, apel hijau, belimbing, nanas, anggur.

Sayuran tinggi kalium antara lain: peterselli, daun pepaya muda, bayam, bawang putih, kapri, batang seledri, kembang kol, bit, daun seledri, prei, kacang buncis, biji kacang kapri, wortel, kol, tomat, selada.

Minum teh dan coklat (pahit) setiap hari juga membantu menaikkan kadar kalium.

Demikian penjelasan ini, semoga bermanfaat.

dr. Dito Anurogo

No comments: