Pages

Tuesday, July 3, 2012

Mata Kaki Kena Skabies, Bagaimana Menyembuhkannya?

Dokter, saya mau menanyakan masalah penyakit kulit yang menyerang kaki saya. Tepatnya pada wilayah sekitar mata kaki. Ciri-cirinya, kulit terasa gatal, kemerahan dan membentuk seperti terowongan-terowongan.

Saya sudah pergi ke dokter dan diberi obat pil dan salep anti scabies. Tapi sudah dua minggu ini kok belum sembuh juga? Apakah ada cara lain yang lebih cepat menghilangkan penyakit kutu scabies ini, dok? Sebelumnya terimakasih atas jawabannya. Salam.

Binsar (Pria Menikah, 37 Tahun), baXXX@ymail.com
Tinggi Badan 178 Cm dan Berat Badan 80 Kg

Jawaban

Penyakit skabies biasanya menyerang area pusar, pergelangan tangan, sela-sela jari tangan atau kaki, bokong, buah zakar, bahkan bisa mengenai seluruh tubuh pada pasien dengan daya tahan yang sangat lemah.

Penyakit ini sangat gatal, terutama pada malam hari, seringkali mengenai suatu populasi (misalnya di asrama). Kelainan ini berbentuk bintik-bintik kemerahan, kadang dengan lenting dan keropeng.

Dari penjelasan yang diberikan, mungkin penyakit yang Anda alami adalah cutaneous larva migrans, atau creeping eruption. Kelainan ini disebabkan oleh larva cacing tambang yang melakukan penetgrasi ke kulit, terasa gatal, ditandai dengan gambaran kemerahan atau terowongan yang 'bergerak' sesuai dengan arah gerakan larva cacing tersebut.

Bila benar penyakit ini yang Anda derita, biasanya diperlukan terapi dengan udara dingin (baik dengan penyemprotan kloretil maupun bedah beku).

Pengobatan juga dapat dilakukan dengan pemberian obat antiparasit misalnya albendazol. Namun untuk memastikan kondisi yang Anda derita, sebaiknya Anda berobat pada dokter kulit dan kelamin terdekat.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: