Pages

Tuesday, September 4, 2012

Amankah Tambal Gigi Saat Hamil?

Dokter, saya sedang mengandung 4,5 bulan calon anak pertama. Yang mau saya tanyakan, gigi saya sekarang terasa sakit karena berlubang. Apakah selama hamil ini saya boleh melakukan penambalan gigi? Adakah ada dampak buruk dari proses penambalan gigi buat saya dan janin? Terimakasih.

Novi (Perempuan Menikah, 26 Tahun), vievons.cute@yahoo.com


Jawaban


Pada prinsipnya boleh dikerjakan bila tindakan penambalan tersebut tidak menimbulkan nyeri pada saat penambalan dan sesudah penambalan.

Karena rasa nyeri tersebut akan merangsang pengeluaran Prostaglandin (molekul yang berperan dalam pengaturan detak jantung, pembuluh darah, kerusakan sel dan daya tahan) di tubuh Ibu sehingga menyebabkan timbulanya kontraksi. Akan tetapi gigi yang tidak ditambal pun dan rasa nyeri juga akan memicu pengeluaran Prostaglandin.

Saran saya gunakan antiseptik dan analgetik lokal yang aman sesuai petunjuk dokter gigi sampai bayi lahir. Penambalan gigi tidak ada dampak langsung pada bayi kecuali akibat kontraksi tersebut di atas yang dapat merangsang persalinan prematur.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: