Pages

Monday, September 3, 2012

12 Tahun Telinga Berdenging Karena Gendangnya Bocor

Dok, saya mau tanya kenapa ya telinga kanan dan kiri saya sering sakit? Berdenging terus, cairan yang ada pada telinga saya keluar. Memang sebelumnya saya pernah konsultasi ke dokter spesialis THT dan diperiksa katanya gendang telinga sebelah kanan saya bocor.

Apa ya dok penyebab telinga saya itu dan tindakan apa yang harus diberikan kepada saya dok? Penyakit yang saya alami ini lebih kurang 12 tahun. Kenapa ya dok kok tidak mau sembuh-sembuh?

Reza A (Pria Lajang, 21 Tahun), roneygalakXXXk@yahoo.co.id
Tinggi Badan 167 Cm dan Berat Badan 56 Kg

Jawaban

Telinga terasa nyeri umumnya disebabkan adanya peradangan pada daerah liang telinga (telinga luar) atau peradangan pada daerah di balik gendang telinga (telinga tengah). Gendang telinga bocor/berlubang kebanyakan disebabkan radang telinga tengah yang tidak mendapat terapi optimal, penyebab lain adalah trauma saat mengkorek telinga.

Pada kasus dimana terapi dengan obat saja tetap sering terjadi kekambuhan kemungkinan sudah terjadi infeksi menahun dan telah terbentuk jaringan yang patologis di telinga tengah dan tulang karang di belakang telinga. Operasi menjadi pilihan pada kasus seperti ini.

Dr. Agus Subagio, Sp THT

1 comment:

Anonymous said...

halo dok, saya sudah telat haid 3 minggu, sebelumnya saya punya riwayat haid selalu tratur gak prnh ada mslh. Tp seminggu yg lalu(berkisar 2 minggu telat) saya testpak negatif. Dan di minggu ketiga ini saya ragu untuk testpak, perut saya sering kembung dan buang angin. Kadang rahim jg nyeri. Kira2 solusinya apa dok?terima kasih