Pages

Sunday, September 2, 2012

Kenapa Sering Mimisan?

Dok, belakangan ini saya sering mimisan padahal sejak kecil saya tidak pernah mimisan. Ini terjadi kalau saya sedang melakukan aktivitas di luar dan terkena panas matahari, bahkan mimisannya bisa sampai 2 kali sehari, darah yang keluar agak kental dan tidak banyak. Waktu saya cek, dokternya bilang cuma darah kotor saja yang keluar, tapi lama-kelamaan saya sering merasakan pusing-pusing.

Nova (Perempuan Lajang, 19 Tahun), mairXXXXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 52 Kg

Jawaban

Mimisan atau epistaksis dapat disebabkan oleh faktor lokal hidung atau faktor sistemik. Faktor lokal hidung meliputi sekat hidung yang bengkok, pembuluh darah yang terbuka, sinusitis, tumor dll.

Faktor sistemik meliputi kelainan pembekuan darah, penyakit darah tinggi dan kelainan pembuluh darah.

Pusing yang terjadi mungkin terkait dengan keluhan mimisan yang terjadi tapi mungkin juga karena masalah lain.

Lebih banyak penyebab mimisan adalah karena faktor lokal dan biasanya tidak biasa namun sebaiknya dipastikan dengan memeriksakan diri ke dokter THT.

Dr. Agus Subagio, Sp THT

1 comment:

Anonymous said...

Assalamu'alaikum,,,dok saya yaya,,,saya pnya temen dy skrang ska mimisan,,,py kalau mimisan gax kaya mimisan biasa,,kalau darah'a lagi keluar banyak bangat ngucur aja keluarnya,,,,trus dy jga ska pusing,,,kira kira kenapa ya dok,,,???tolong d jawab dok,,,kasin temen saya dok,,,makasih sebelumnya,,,wa'alaikumsalam,,,