Pages

Tuesday, September 18, 2012

Apakah Asinan Menyebabkan Keguguran?

Dokter yang baik, bulan September 2009 saya positif hamil. Saya menstruasi terakhir tanggal 5 Agustus 2009. Bulan Oktober saya keguguran, yakni 27 Oktober pendarahan dan 28 Oktober dikuret. Seminggu sebelum dikuret memang muncul flek warna kecoklatan. Dua hari sebelum mengalami flek memang saya mengonsumsi asinan yang mengandung cuka, yang memang segar sekali.

Pertanyaan saya, apakah ada pengaruh cuka terhadap kehamilan sehingga akhirnya saya mengalami keguguran? Hal ini sangat mengganggu karena ketika hamil memang saya tidak berpantang terhadap makanan, kadang saya merasa bersalah telah mengonsumsi asinan ketika hamil kemarin. Atas perhatiannnya, saya ucapkan terimakasih.

Sri N (Perempuan Menikah, 38 Tahun), sri_nuryati2006@yahoo.com
Tinggi Badan 159 cm dan Berat Badan 70 kg


Jawaban
Ibu Sri sebenarnya tidak ada hubungan antara makanan yang Ibu konsumsi dengan keguguran. Pada kebanyakan wanita, penyebab terancam keguguran belum bisa ditentukan secara pasti. Namun, ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi seperti polip atau kista, infeksi, radang serviks, kehamilan ektopik atau komplikasi plasenta.

Keguguran banyak terjadi pada kehamilan trimseter pertama. Tanda-tandanya mulai dari perdarahan di vagina, kram perut yang hebat di bagian bawah atau perdarahan ringan.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: