Saturday, September 15, 2012

Bagaimana Berhubungan Seks Saat Hamil?

Dok, saya sekarang sedang mengandung dengan usia kandungan 13 minggu. Jika usia kandungan sudah usia seperti itu apakah ada pengaruh jika masih berhubungan seks setiap hari? Bagaimana posisi yang baik agar tidak berpengaruh terhadap kandungan saya. Terimakasih dok.

Umi (Perempuan Menikah, 21 Tahun), vit4_21@yahoo.co.id
Tinggi Badan 155 dan Berat Badan 46,5 kg.


Jawaban:


Pada prinsipnya, Ibu tetap dapat berhubungan dengan posisi yang nyaman bagi Ibu. Kecuali bila terjadi kontraksi, segera hubungi dokter kandungan terdekat.

Perempuan hamil kadang takut berhubungan intim akan mencelakai janinnya dan membuat janin terinfeksi. Yang jelas ketakutan-ketakutan itu tidak terbukti. Janin juga tidak akan celaka saat berhubungan intim karena terlindung oleh cairan amnion di dalam rahim ibu.

Semua kegiatan orang sehat boleh dilakukan oleh perempuan hamil seperti olahraga atau melakukan hubungan seks, asalkan kehamilannya tidak bermasalah.

Saat masa kehamilan baru masuk trimester pertama tentu masih banyak pilihan posisi bercinta. Tapi setelah usia kehamilan terus bertambah tentu saja posisi berhubungan bagi perempuan hamil makin terbatas. Pasangan suami istri disarankan untuk membicarakan posisi yang nyaman bagi kedua belah pihak tidak saling memaksa.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: