Monday, September 2, 2013

Atasi Anak yang Terlalu Manja karena Tinggal Bersama Nenek

Salam Mbak Ratih, saya ingin bertanya. Saya saat ini tinggal bersama ibu kandung dan kedua anak saya, karena suami kebetulan bekerja di luar kota. Anak saya laki-laki berusia 6 tahun seringkali sangat manja ketika sedang ada neneknya. Tidak mau makan sendiri dan sering merengek. Tapi dia tidak menunjukkan sikap seperti itu jika neneknya sedang pergi atau sedang tidur. Apakah ada pengaruhnya Mbak dengan tinggal dengan neneknya? Mohon bantuannya, terimakasih.

Intan (Perempuan menikah, 30 tahun)
isintanXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Halo Ibu Intan,

Apa yang dilakukan oleh ananda kemungkinan besar ingin mencari perhatian dan terbiasa dengan kondisi aturan yang berbeda antara orang tua dan nenek sehingga memungkinkan anak menjadi memiliki satu sosok yang dianggap dapat memenuhi semua yang menjadi keinginannya yaitu nenek.

Ada baiknya hal ini dibicarakan bersama dengan neneknya sehingga ibu dan nenek bisa menjalankan aturan yang sama dan aturan yang dibuat bersumber dari satu orang yaitu ibu. Konsistensi penerapan aturan menjadi hal yang sangat penting dalam kasus ini agar anak mengetahui satu aturan yang pasti dan tidak berganti2.

Semoga berhasil :)

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: