Pages

Tuesday, October 29, 2013

Kecewa dengan Pemasangan Kawat Gigi di Tukang Gigi

Dok saya mau tanya saya sudah dibehel sekitar 1,5 thn dulu dipasang di ahli gigi. Namun sekarang gigi saya malah jadi renggang dan warnanya pun jadi kuning. Saya mau tanya dok, kalo misalnya behel saya dilepas dan di pasang lagi di dokter gigi bisakah? Untuk biayanya perkiraan berapa ya dok?
Cantyka (25), Sukabumi

JAWAB:

Hai Cantyka di Sukabumi,

Senang sekali mendengar keinginan anda untuk beralih merawat gigi ke dokter gigi. Tentu saja Anda dapat melakukan hal tersebut dan sebaiknya memang segera dilakukan.

Pemasangan kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti (spesialis pemasangan kawat gigi). Namun untuk kasus-kasus ketidakteraturan gigi yang sederhana, dapat dilakukan oleh dokter gigi umum.

Biaya pemasangan kawat gigi bervariasi tergantung tingkat kesulitan kasus, kualitas bahan, dan jenis sistem alat ortodonti yang digunakan. Sebagai contoh perkiraan biaya pemasangan kawat gigi adalah berdasarkan jenis sistem alat ortodonti. Sistem yang paling umum digunakan adalah sistem "edgewise". Biaya yang diperlukan untuk perawatan ortodonti menggunakan sistem ini cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan sistem "self-ligating".

Begitu pula dengan kasus ketidakteraturan gigi yang sederhana, biaya-nya akan lebih murah dibandingkan dengan kasus yang sulit. Sedangkan pemilihan kualitas bahan ortodonti seperti keramik, akan lebih mahal dibandingkan yang metal.

Anda dapat menanyakan langsung ke dokter gigi pilihan Anda mengenai biaya pemasangan kawat gigi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perawatan ortodonti tersebut.

Setelah pemasangan kawat gigi Anda perlu melakukan kontrol rutin ke dokter gigi untuk melihat perkembangan perawatan dan penggantian alat jika diperlukan sehingga diperoleh hasil yang optimal.

Selama anda menggunakan kawat gigi, Anda harus memberikan perhatian lebih bagi kebersihan gigi-gigi Anda, supaya tidak menguning akibat penumpukan sisa makanan. Penggunaan sikat gigi khusus ortodontik, yaitu proxabrush atau interdental toothbrush akan memudahkan penyikatan diantara gigi dan kawat gigi. Anda juga dapat menggunakan benang gigi sebagai tambahan untuk membersihkan gigi-gigi. Sebaiknya Anda juga harus rutin melakukan pembersihan karang gigi oleh dokter gigi, paling tidak 2-3 bulan sekali.

Demikian Cantyka, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

drg. Citra Kusumasari, SpKG

No comments: