Monday, March 10, 2014

Kenapa Anak Saya Sering Sakit-sakitan?

Dok anak saya laki-laki umur 2,8 tahun, dari bayi sampai 1,5 tahun di Jakarta dan 1 tahun kemudian di Magelang. Selama 4 bulan terakhir sejak tinggal dijakarta lagi, minimal 2 minggu sekali kalau tidak panas ya pilek dan saya selalu memberi dia obat, saat panas atau pilek. Sebagai info sekitar 10 hari yang lalu dia kena flu singapur karena tertular dari saudaranya dan sudah baik, baru sehat 5 hari sekarang pilek. Apa ini karena penyesuaian tempat atau ada faktor lain? Saya mau tanya suplemen atau makanan apa yang baik agar anak tak gampang sakit? Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

Exty (Perempuan Menikah, 31 Tahun), extyXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 155 Cm, Berat Badan 51 Kg

Jawaban

Terimakasih atas pertanyaannya, tempat tinggal di Jakarta dan di Magelang sama saja. Yang penting dijaga kebersihan lingkungan agar anak tidak sakit. Kebersihan lingkungan bukan hanya polusi udara, tetapi juga kebersihan dirumah atau sekitar rumah.

Hal yang tidak kalah penting, hendaknya melindungi anak dari sumber penyakit, artinya hindari anak kita kontak dengan orang sakit dan jangan lupa imunisasinya lengkap diberikan. Bila masalah ini dilakukan, kita sudah memotong sebagian jalur penyakit kepada anak kita.

Batuk, pilek dan panas adalah suatu gejala penyakit saluran pernafasan, tetapi penyebabnya bermacam macam. Salah satunya penyakit flu singapur yang merupakan penyakit Stomatitis (sariawan dimulut) disertai bercak ditangan dan kaki, karena tertular orang yang sakit.

Penyakit ini dapat timbul berulang tergantung daya tahan tubuh dan seringnya ia kontak dengan orang sakit. Oleh karena itu jaga kesehatan dan hindari kontak dengan orang yang sakit tersebut.

Vitamin bisa diberikan untuk memperbaiki kesehatan tubuh, memperbaiki epitel kulit, tulang dan juga untuk memperbaiki penyerapan makan. Tetapi pemberian vitamin harus secukupnya dan tidak boleh berlebihan.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: