Saturday, April 19, 2014

Pria Lajang yang Mengeluh Perut Mulas dan Nyeri di Bagian Testis

Dok, saya berumur 19 tahun, berat sekitar 57 kg dan tinggi 168 cm. Simpelnya, kok testis saya jarang mengkerut (mengencang) dan sering banget terasa mulas, yang tentunya membuat kehidupan saya sehari-hari tidak damai Dok.

Awalnya dulu sewaktu saya SMA kelas 2. Karena sudah janji sama teman mau keluar kota (6 jam perjalanan), saya memaksakan diri pergi naik motor meskipun kelamin terasa mulas berat.

Awal paling ereksi saja yang jarang, rasa nyeri tidak ada, semakin ke sini (pernah ke dokter waktu itu di Sumedang urat putus di bagian perut kiri). Apa benar? (tidur jarang terasa nyaman). Semua kegiatan terbatasi.

Mohon bantuannya Dok, saya masih ragu untuk operasi, dengan kegiatan kuliah yang seperti ini tapi ereksi saya rasa masih bisa, tiap kali nonton film begituan masih bisa kencang, pagi hari pun ereksi (tapi jarang), tiap kali ereksi dalam jangka lama, pasti terasa mulas Dok. Mohon bantuan.

Masalah utamanya ada pada testis Dok dan sering dalam kondisi tertentu di bagian perut kiri seperti ada urat besar.

Lupain (Pria lajang, 19 tahun)
adi5_azXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 167 cm, berat badan 57 kg

Jawaban

Salam,

Dari keluhan yang disebutkan jika saya perjelas menjadi beberapa keadaan:
1. Perut sering terasa mulas yang berhubungan dengan nyeri atau sakit di area skrotum.
2. Terabanya benjolan (massa) di daerah perut kiri.

Kondisi testis terasa mulas berulang bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Radang saluran testis (epidimitis) atau trauma merupakan sebab tersering untuk usia anda. Kondisi ini tidak perlu operasi. Sebagai langkah awal rabalah testis anda sendiri secara perlahan dan bandingkan kanan dan kiri apakah ada perbedaan besar dan apakah ada nyeri saat diraba. Jika masalah ini masih ada maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sedangkan benjolan di perut kiri bisa disebabkan antara lain adalah hernia. Kondisi ini terjadi oleh karena ada kelemahan dinding perut. Kedua kondisi di atas hanya bisa ditegakkan dengan pemeriksaan ke dokter. Dokter umum akan memeriksa lebih teliti dan akan menganjurkan langkah berikut untuk memastikan kondisi Anda.

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: