Pages

Saturday, April 19, 2014

Gula Darah 170 di Usia 23 Tahun, Bagaimana Pola Makan yang Benar?

Di usia yang masih muda saya disebutkan punya gula darah yang cukup tinggi, yaitu sekitar 170. Yang ingin saya tanyakan, apa saya benar-benar harus berhenti konsumsi makanan yang manis-manis atau mengurangi nasi? Sebaiknya seperti apa pola makan sehat yang bisa saya terapkan? Misalnya pilihan makanan atau porsinya.

Anti (Perempuan, 23 tahun)
queen_novXXX@yahoo.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 51 kg

Jawaban

Halo Anti,

Di usia sekian sangat muda untuk terkena diabetes mellitus tipe 2. Saya khawatirkan Anda sebenarnya menderita diabetes tipe 1, yang diakibatkan oleh kelainan genetic/enzim (bukan karena pola hidup). Penanganan tipe 1 lebih sulit dan detail daripada tipe 2. Resiko untuk menderita hipoglycamia (gula darah rendah) juga lebih tinggi dan ini yang biasanya ditakutkan karena bisa tiba-tiba turun dan mengakibatkan pingsan bahkan koma.

Saran saya coba minta dokter cek lebih lengkap lagi apakah Anda tipe 1 atau tipe 2? Tipe 1 harus menggunakan suntik insulin juga.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: