Saturday, April 26, 2014

Sampai Kapan Penderita Myasthenia Gravis Harus Minum Mestinon?

Saya pada tahun 2002 mengalami gangguan kesehatan, dimana kelopak mata saya kadang-kadang tiba-tiba saja memejam dan tidak bisa membuka, namun bila didiamkan beberapa saat akan bisa dibuka perlahan-lahan. Menurut dokter saraf yang memeriksa setelah dilakukan tes EMG saya terkena Myastenia Gravis. Kemudian diberi obat mestinon dan diminum selamanya.

Lama-lama ternyata ada efek samping pada maag yang terasa asam meskipun sesudah makan minum obatnya. Pertanyaan saya, apakah penyakit ini bisa disembuhkan? Atau ada cara lain penyembuhannya selain minum mestinon? Mohon sarannya. Terimakasih.

Sjahroel S (Pria Menikah, 57 Tahun), roelXXXX@telkom.net
Tinggi Badan 174 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Sdr. Sjahroel Yth,
Memang benar bahwa kami bisanya memberikan mestinon pada kasus-kasus myasthenia gravis. Dan bila ada efek mual, Anda dapat membelah obat tersebut menjadi 2. Diminum separuhnya dulu dan sisanya diminum 1-2 jam kemudian atau 2-3 jam sebelum mestinon dapat diminum obat obat seperti omeprazole atau pantoprazole.

Mengenai myasthenia gravis, bila gejala sudah hilang Anda dapat berkonsultasi lagi dengan spesialis saraf Anda , agar dilakukan penyesuaian dosis. Dan bila berhasil Anda dapat terbebas dari keharusan minum obat setiap hari, walaupun kelak bila gejala tersebut datang lagi maka anda harus kembali meminumnya. Terimakasih.

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS

5 comments:

D-FISA'11 said...

Saya mau tanya tentang nyeri haidh, 2 hari sebulum haidh perut saya nyeri dan sangat sakit sampai tidak bisa beraktivitas, hari pertama haidh nyeri lagi dengan sakit yang lebih dan hampir pinsan, saya mengalami nyeri yang sangat hampir setiap haidh, pinsan sudah 2 kali karena ini. apa yg harus saya lakukan?

wiory said...

1105assalammualaikum,wr,wb.
salam sejahtera

sy wanita umur 22th,
setelah sy positif 2bln, sy lgsg periksa kspesialis kandungan , trnyata sy mngalami hamil cairan 2bln, untk slanjtnya dkiret, setelah dkiret -+21hari terus mengeluarkan darah, dan keputihan 3hr selanjutnya kembali mengeluarkan darah selama 1minggu seprti mens..
yang sy tanyakan
1. apa hal trsebut sebuah kondisi normal ato sbaliknya?
2. bagaimna agar cpat hamil normal?

trimakasih tas responnya
wassalamualaikum,wr,wb

Eddy G said...

apakah minyak lintah sangat berbahaya untuk memperbesar penis

thz

dewi fandu said...

mat pagi dok, saya mau tanya,nama saya dewi ibu 1 anak dengan usia 29 tahun, tb/bb 142/60. saat ini saya merasa nyeri di dada tengah dan kiri tembus belakang menjalar ke lengan, gigi dan kepAla.... hasil ekg saya normal, hld 95, ldl 3,tri gliserida 98 apakah saya punya kemungkinan sakit jantung.sebagai informasi saya punya riwayat sakit maag sejak usia 15 tahun.

Savari Entertainment said...

Salam sejahtera dok..... Saya mau tanya, saya seorang laki2 39th. dada saya sebelah kiri terasa sakit dan kalau batuk makin terasa sakit. sejauh ini saya pikir angin (masuk angin). yang saya tanyakan. Apakah ini berbahaya Dok ?....Jawab ya Dok. Trmksh