Saturday, May 17, 2014

Minum Saat Makan Bisa Ganggu Proses Pencernaan, Benar Atau Tidak?

Halo Mbak Victoria, saya mau tanya ada yang bilang bahwa setelah makan sebaiknya tidak diselingi dengan minum bahkan sebaiknya tidak minum selama beberapa menit sesudah makan, itu bagaimana ya Mbak? Terus berbahayakah kalau jus buah atau sirup dijadikan minuman di sela-sela makan berkaitan dengan proses pencernaan yang terjadi? Terima kasih.

Kharina (Wanita lajang, 24 tahun)
kharinazia@yahoo.com
Tinggi badan 160 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Halo Kharina,

Ada pendapat yang mengatakan jangan minum saat makan karena bisa 'mengencerkan' enzim-enzim pencernaan. Kalau untuk saya pribadi, hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Untuk orang yang ingin weight loss, sebaiknya minum segelas air putih 10-15 menit sebelum makan agar otak 'tertipu' mengira perut sudah mulai kenyang sehingga akan makan lebih sedikit.

Jus buah (komersial) dan sirup tidak baik untuk dikonsumsi kapanpun karena kandungan gulanya yang begitu tinggi dan kandungan nutrisi yang begitu minim. Kalau jus buah buatan rumah, tanpa tambahan gula juga sebaiknya dicampur dengan sayur sewaktu membuatnya seperti wortel, seledri, daun bayam dll agar kandungan gulanya bisa lebih rendah. Bisa diminum 1x/hari segelas untuk camilan pagi/sore.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: